Mohon tunggu...
Danny Halim
Danny Halim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Ilmu Komunikasi

Always Learn Something New

Selanjutnya

Tutup

Digital

Beragam Perbedaan Antara Media Digital dan Media Analog, Mana yang Lebih Populer?

19 September 2021   12:49 Diperbarui: 26 September 2021   12:03 136 4 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Beragam Perbedaan Antara Media Digital dan Media Analog, Mana yang Lebih Populer?
Sumber: Pinterest

Keterbatasan menjadikan media analog kalah populer dari media digital. Namun, kelebihan dari media analog merupakan kelemahan dari media digital. 

Menilik dari perpindahan zaman, digitalisasi memberikan dampak ke seluruh aspek kehidupan, salah satunya perubahan media yang awalnya berbentuk analog bertransisi menjadi menjadi digital.   

Media analog merupakan sarana berbentuk fisik yang digunakan menghantarkan pesan kepada publik. Contohnya koran cetak, majalah, baliho, poster dan lain-lain.

Demikian pula media digital yang mana memiliki fungsi serupa tetapi tidak memiliki bentuk fisik. Contohnya buku elektronik, portal berita, media sosial, dan lainnya.

Persamaan

Media analog dan media digital memiliki kesamaan, yaitu keduanya sebagai penyedia informasi bagi masyarakat. 

Tidak hanya itu, gaya penulisan pada keduanya juga tidak jauh berbeda yang mana menyusun tulisan secara jelas, ringkas, dan lengkap.

Perbedaan

Meskipun terdapat persamaan antara media analog dan media digital, tentu juga ada perbedaannya. Perbedaan keduanya dapat menjadi titik acuan mengapa masyarakat lebih condong menggunakan media digital dibandingkan media analog.

Pertama terkait keberagaman konten. Variasi konten-konten dalam media analog dibatasi oleh pihak perusahaan media dan peraturan. Sedangkan dalam media digital, pembaca dibanjiri keberagaman konten.

Kedua, dalam media digital semua orang yang mengakses memiliki peranan sebagai pembaca dan pembuat konten. Berbeda dengan media analog, publik hanya dapat menikmati konten-konten dan hanya orang yang berlisensi yang dapat menyajikan konten.

Ketiga, media digital sangat memungkinan adanya interaksi antara pembaca dan penulis, dikarenakan media digital telah dilengkapi hypertext atau kolom komentar. Sementara media analog hanya bersifat satu arah.

Kemudian informasi dalam media digital sangat mudah diakses tanpa dibatasi waktu dan tempat yang disebabkan oleh sifat media digital yaitu instan dan real time

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan