Kandidat

Gerakan Ulama Muda Indonesia Dukung Jokowi pada Pilpres 2019

11 Juli 2018   08:24 Diperbarui: 11 Juli 2018   08:22 499 0 0

Dukungan kepada Joko Widodo untuk melanjutkan pemerintahan pada periode keduaa 2019-2024 semakin deras dari berbagai kalangan masyarakat. Tak hanya dari organisasi/komunitas masyarakat biasa saja, melainkan juga datang dari para ulama.

Adalah Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang baru-baru ini menyatakan dukungannya kepada Presiden Jokowi. Organisasi ini merupakan gerakan wa ulama muda untuk mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Gerakan ulama muda tersebut dibentuk karena dua tujuan, yakni pertama, secara ideologis untuk menyiarkan Islam yang rahmatan lil 'alamin. Kedua, secara politis untuk mendukung Joko Widodo maju kembali meneruskan roda pemerintahan pada periode yang kedua 2019-2024.

Adapun dukungan tersebut bukan tanpa alasan. Para ulama muda itu menilai Presiden Jokowi sangat peduli dengan dinamika umat beragama, terutama Islam di Indonesia. Presiden juga sangat memperhatikan permasalahan umat Islam.

Selain itu, Presiden Jokowi juga dinilai telah mampu membangun Indonesia di berbagai daerah (luar Pulau Jawa) dengan tanpa melupakan pembangunan di Pulau Jawa. Ini sesuai dengan prinsip keagamaan Islam Indonesia yaitu "almuhafadzatu 'ala qadimish shalih wal ahdu bil jadidil aslah".

Adanya dukungan dari Samawi itu menunjukkan bahwa gerakan ulama muda ternyata sangat jelas mendukung Presiden Jokowi. Hal itu bisa dikatakan merupakan ekspresi politik generasi muda Muslim yang rindu akan Islam yang teduh, damai, menghargai keberagaman dan rahmatan lil 'alamin.

Begitu juga sebagai ekspresi dukungan ulama muda pada Presiden Jokowi yang notabene sering disebut sedang dibenci oleh umat Islam. Adanya dukungan Samawi itu membantah gambaran sesat selama ini.

Bila ulama muda saja telah menyatakan sikap politis, maka itu telah didahului oleh pemikiran yang matang. Mereka dengan yakin telah mendukung Presiden Jokowi karena pertimbangan yang rasional dan sesuai dengan kaidah agama. Maka sikap dari Samawi ini bisa menjadi acuan bagi umat Islam secara umum.

Semoga kita bisa mengikuti jejak ulama muda tersebut. Kita akan pilih pemimpin yang memiliki pengalaman yang baik, rekam jejak bersih, kinerja yang baik, dan kualitas pribadi yang mumpuni. Sepertinya kriteria itu melekat pada diri Presiden Jokowi kini.