Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Meski Kalahkan Myanmar, Indonesia Tak Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 Andai Thailand dan Vietnam Main Mata

10 Juli 2022   08:32 Diperbarui: 14 Juli 2022   13:29 327 16 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indonesia berada di ujung tanduk, hal itu karena regulasi yang dipakai dalam Piala AFF U-19 adalah head to head. | Sumber: kompas.com

Indonesia akan melakoni laga pamungkas dalam lanjutan fase Grup A Piala AFF U-19 melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu 10 Juli 2022.

Sebelumnya, Indonesia berhasil mencukur Filipina dengan skor mencolok 5-1. Dalam laga itu, Rabbani tampil apik dengan mencetak hattrick, sementara dua gol lainnya dicetak Razza Fachrezi dan Alfriyanto Nico.

Dengan hasil itu, Indonesia menempati posisi ketiga klasemen Grup A dengan 8 poin. Thailand berada di posisi kedua dengan 10 poin sementara Vietnam berada di puncak klasemen dengab 10 poin.

Laga melawan Myanmar menjadi sangat penting bagi anak asuhan Shin Tae-yong agar tetap bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19.

Dari sisi head to head, Indonesia masih unggul dari Myanmar dan tentu memiliki kans untuk menang. Sejak Piala AFF U-19 digelar pertama kali tahun 2002, Indonesia sudah berjumpa Myanmar 10 kali.

Dari pertemuan itu, Indonesia menang lima kali, imbang empat kali, dan kalah satu kali. Pada edisi Piala AFF U-19 2017 dan 2019, Indonesia dan Myanmar bertemu dua kali dalam turnamen yang sama.

Pertemuan pertama terjadi di penyisihan grup dan pertemuan kedua di perebutan tempat ketiga. Dalam duel perebutan tempat ketiga, Indonesia selalu unggul dari Mnyamar.

Kali ini kedua tim akan bertemu kembali di fase grup. Meski Indonesia berhasil menang, Indonesia belum tentu lolos ke semifinal. Dengan kata lain nasib Indonesia berada di ujung tanduk.

Hal itu karena pada jam yang sama dua tim lain yakni Vietnam dan Thailand akan bertanding. Jika dua tim tersebut "main mata" maka dipastikan Indonesia tidak lolos ke semifinal Piala AFF U-19.

Skenario lolos

Indonesia wajib menang saat berjumpa Myanmar nanti malam. Meski menang, nasib Indonesia masih bergantung pada laga Thailand vs Vietnam yang digelar bersamaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan