Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Biasa aja

Tukang rebahan Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Referensi Penulis Artikel Spoiler Manga

28 Oktober 2021   15:02 Diperbarui: 28 Oktober 2021   16:30 233 18 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi by Starpetrochem.com

Manga kerap menjadi artikel yang nongkrong di tren pekan ini. Penulis manga seperti saya, Steven Chaniago, dan Ilham Maulana tentu paham seluk beluk soal manga termasuk referensi spoiler. 

Kemudian menjadi pertanyaan, dari mana referensi spoiler manga itu sendiri? Di sini saya akan mencoba membahasnya. Artikel ini hanya untuk menjawab pertanyaan itu saja, tidak lebih.

Referensi spoiler yang saya dapat biasanya dari postingan di pembuat manga. Beberapa mangaka bahkan hobi memberi bocoran tentang beberapa chapter yang akan datang. 

Tidak detail memang informasi itu, tapi sang mangaka rutin memberi klu ini tiap bulannya. Bahkan, dalam satu bulan bisa memberi 4 klu. Contohnya manga Tokyo Revengers yang saya ulas.

Ken Wakui dalam akun twitter pribadinya kerap mengunggah sketsa manga yang akan rilis. Tidak ada caption di situ, tapi selalu berhubungan dengan chapter sebelumnya. 

Ternyata, klu tersebut memang rilis di chapter yang akan datang. Untuk lebih jelasnya berikut saya tampilkan gambarnya. 

Sumber: twitter.com/toman_official edit by Dani
Sumber: twitter.com/toman_official edit by Dani

Itu adalah salah satu contoh bocoran yang diunggah oleh sang mangaka. Jika ingin lebih jelas silakan klik tatuan ini

Itulah referensi saya dalam menulis artikel spoiler. Dengan kata lain, mangaka sendiri sudah memberi spoiler kepada penggemarnya. Meskipun itu tak spesifik, tapi unggahan itu bisa menjadi teori sebuah cerita. 

Tentu cerita karangan penggemar, tapi klu cerita itu sendiri bersandar pada bocoran sang mangaka. Itulah yang saya lalukan, mungkin teman-teman lain yang menulis artikel serupa demikian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan