Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... B aja lah

Anak seorang buruh Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Rengginang dan Rangining, Pengganti Kerupuk Teman Opor Ayam

13 Mei 2021   15:08 Diperbarui: 13 Mei 2021   15:08 106 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rengginang dan Rangining, Pengganti Kerupuk Teman Opor Ayam
Rengginang. Sumber: jabar.idntimes.com

Bagi saudaraku yang seiman, selamat hari hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Bagi saudaraku dalam kemanusiaan, selamat memperingati hari kenaikan Isa Almasih

Lebaran 2021 kali ini memang beda, dua hari besar dirayakan dalam satu momen. Umat islam tengah merayakan kemenangan spiritual setelah menjalani ibadah puasa selama 30 hari. 

Sementara untuk umat kristiani, tengah memperingati hari besar kenaikan Isa Almasih. Tentunya ini menjadi momen bagi kita semua untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama. 

Beragam cara dilakukan untuk menyambut hari kemenangan, semua orang bersuka cita menyambut hari kemenangan dengan takbir. Suara beduk bersahutan hingga pagi hari. 

Ada yang menukarkan uang untuk dibagikan kepada sanak saudara sebagai bentuk THR alias hadiah. Ada juga yang sibuk mencari pakaian yang necis dan murah agar terlihat kece saat lebaran. 

Ibu-ibu di rumah pun sibuk menyambut hari lebaran dengan panganan khas lebaran. Bapak di rumah pun sibuk membuat ketupat dari daun kelapa. Ketupat memang menjadi menu wajib saat lebaran. 

Teman dari ketupat biasanya opor ayam. Makan ketupat dengan opor ayam memang tiada duanya. Tetapi ada dua panganan yang enak untuk melengkapi opor ayam.

Panganan tersebut di daerah saya disebut dengan rengginang dan rangining. Dua-duanya seperti saudara kandung, lahir dalam bahan yang sama tetapi rupa yang berbeda. 

Baik rengginang dan rangining memang pas dijadikan pelengkap opor ayam. Rengginang sendiri terbuat dari beras ketan. Beras ketan tersebut dimasak terlebih dahulu. 

Setelah cukup matang, beras ketan tadi kemudian dicetak menjadi bulatan kecil. Agar lebih menarik, biasanya beras ketan dicampur terlebih dahulu dengan bawang putih halus dan terasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN