Mohon tunggu...
Dani Fazli
Dani Fazli Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis kelas bawah

Belajar menulis dari titik terendah, berproses menuju titik terbaik menurut takdir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kunjungi PLN Bengkulu, BEM Teknik UNIB Fokus Menyikapi Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan dan Distribusi Listrik di Bengkulu

16 Oktober 2021   22:29 Diperbarui: 16 Oktober 2021   23:25 94 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama BEM FT UNIB dan Pimpinan PLN UP3 Bengkulu

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Bengkulu yang selanjutnya dikenal sebagai BEM FT KBM UNIB melakukan kunjungan ke PT PLN (Persero) UP3 Bengkulu. Dalam kunjungan yang dilakukan oleh BEM Teknik tersebut, Ketua BEM Fakultas Teknik Universitas Bengkulu yang didampingi oleh Kepala Dinas Eksternal dan Kepala Unit Kajian dan Strategi beserta jajaran mengangkat topik bahasan terkait distribusi listrik  dan Energi Baru Terbarukan di Provinsi Bengkulu.

Menyikapi perihal distribusi listrik, sebelumnya BEM Teknik UNIB telah mengumpulkan berbagai informasi yang diperoleh melalui observasi serta kajian pustaka. "Sepanjang 2021, ada beberapa wilayah di Provinsi Bengkulu yang mengalami pemadaman listrik secara rutin dan yang terbaru yakni di Kabupaten Seluma, tentu hal tersebut menjadi tanda tanya besar mengingat elektrifikasi Bengkulu yang mencapai 99,93 persen," ujar Krisna.

Hendra Irawan selaku Manager PLN UP3 Bengkulu menjelaskan bahwa kendala terbesar yang ada di Provinsi Bengkulu ini adalah faktor alam sehingga kerap terjadi pemadaman. "Pemadaman listrik di Kabupaten Seluma kemarin kurang lebih 80% penyebabnya adalah pepohonan yang tumbuh di sekitar jaringan listrik," Jelas hendra. 

Diskusi yang dipimpin langsung oleh Manager PT PLN (Persero) UP3 Bengkulu
Diskusi yang dipimpin langsung oleh Manager PT PLN (Persero) UP3 Bengkulu

Dalam perkembangan pemanfaatan potensi EBT di Bengkulu, pimpinan PLN Menjelaskan bahwa saat ini sedang dilakukan riset secara berkelanjutan, terlebih lagi sekarang sedang dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Kabupaten Lebong yang tentunya akan menjadi salah satu pembangkit energi baru terbarukan yang tentunya ramah lingkungan.

Pada diskusi ini juga Ketua BEM Fakultas Teknik, Dani Fazli mengingatkan bahwa PLN Bengkulu untuk sering mengikut sertakan mahasiswa dan pemuda dalam upaya inovasi dan edukasi, terlebih lagi peran mahasiswa dalam Social control diharapkan mampu mengedukasi masyarakat terhadap isu - isu terkait energi dan kelistrikan di Provinsi Bengkulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan