Mohon tunggu...
Daniel Fransisco Silitonga
Daniel Fransisco Silitonga Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang guru

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Kata mereka tentang Kemanusiaan

10 Oktober 2019   06:02 Diperbarui: 10 Oktober 2019   08:03 0 1 1 Mohon Tunggu...

Sore itu, wajah anak anak panti kembali ceria menyambut kedatangan sekelompok anak muda di panti mereka. Mereka menari bersama, bernyanyi, bercanda gurau dan saling bertukar cerita. Itulah gambaran kecil kegiatan sore itu, saat sekelompok anak muda datang untuk berbagi dan menyatakan bahwa KITA SEMUA SAMA DI MATA TUHAN. Rangkaian acara berjalan dengan baik, anak anak panti bergembira bersama anak anak muda itu. 

Kegiatan kunjungan ini dirancang oleh satu kelompok kecil di sebuah organisasi pelayanan Mahasiswa Universitas Negeri Medan. UKMKP, Unit Kegiatan Mahasiswa Kristen Protestan. Mereka terdiri dari, Daniel, Okto, Herman dan Yodi. Banyak kekhwatiran apakah rencana ini bisa terlaksana. Terlebih mereka masih mahasiswa dan masih mengharapkan kiriman dari kampung. Mereka tidak mau hanya datang dan tidak meninggalkan sesuatu. Namun karena sudah tekat dan niat, mereka membuat perencanaan jauh jauh hari. 

"Ini tentang kemanusiaan, tak mungkin binatang yang membantu mereka", kata Daniel. Teman temannya semakin bersemangat, dan mereka sepakat untuk menabung  jangka waktu 2 bulan.  Dalam jangka waktu tersebut, mereka berhasil mengumpulkan 80 kg beras + 5 dus Indomie dan 3 kotak telur. 

Bagi mereka, inilah salah satu bentuk aplikasi kecil dari apa yang mereka pelajari di organisasi pelayanan mahasiswa. Memanusiakan manusia, menjadi berkat bagi orang lain, bukan sibuk beribadah kepada Tuhan, tapi diam saja melihat orang di luar sana yang membutuhkan pertolongan. 

Mereka Mahasiswa, mereka Agent of Change. Mereka sadar, kalau bukan manusia yang menolong manusia, siapa lagi ? 

Wassalam.