Aktivitas berinternet telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Manfaat internet mencakup banyak hal. Mulai dari bermedia sosial, mengakses berita, berbelanja, hingga membayar tagihan.
Jumlah pengguna internet terus mengalami kenaikan. Terbaru, data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2022 mencapai 210 juta jiwa.
Dalam laporan berjudul Profil Internet Indonesia 2022, APJII mengungkapkan angka penetrasi internet pada periode 2021 hingga kuartal I tahun 2022 ini mencapai 77,02%. Jumlah penduduk Indonesia sendiri diestimasikan 272,68 juta jiwa.
Fakta tersebut perlu diperhatikan oleh pemilik bisnis. Penggunaan platform online atau digital perlu dimaksimalkan, mulai dari mencari ide bisnis hingga memasarkan produk.
Sebagian besar konsumen telah menjadikan teknologi digital sebagai bagian dari gaya hidup. Misalnya ketika sedang membutuhkan informasi poduk yang akan dibeli, mereka akan segera mencarinya di mesin pencari dan media sosial.
Media seperti koran,radio, dan tv sudah dianggap ketinggalan zaman. Konsumen lebih tertarik melihat produk yang diiklankan di platform digital. Karenanya, pemilik bisnis perlu menggunakan platform digital untuk memperkenalkan bisnisnya.
Media Sosial
Pemilik bisnis perlu menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, atau Tiktok untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. Masing-masing platform media sosial tersebut punya karakter tersendiri.
Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk membuat akun bisnis di media sosial. Pemilik bisnis tinggal membuat konten yang bisa menarik perhatian audien. Selain itu, bisa juga memasang iklan berbayar agar jangkauannya bisa lebih luas.
Website