Mohon tunggu...
Daniel Mashudi
Daniel Mashudi Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer

https://samleinad.com E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com Twitter, IG: @samLeinad

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Manfaat Internet untuk Mengembangkan Bisnis

12 Juli 2022   18:41 Diperbarui: 12 Juli 2022   18:45 127 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: pexels.com

Aktivitas berinternet telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Manfaat internet mencakup banyak hal. Mulai dari bermedia sosial, mengakses berita, berbelanja, hingga membayar tagihan.

Jumlah pengguna internet terus mengalami kenaikan. Terbaru, data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2022 mencapai 210 juta jiwa.

Dalam laporan berjudul Profil Internet Indonesia 2022, APJII mengungkapkan angka penetrasi internet pada periode 2021 hingga kuartal I tahun 2022 ini mencapai 77,02%. Jumlah penduduk Indonesia sendiri diestimasikan 272,68 juta jiwa.

Fakta tersebut perlu diperhatikan oleh pemilik bisnis. Penggunaan platform online atau digital perlu dimaksimalkan, mulai dari mencari ide bisnis hingga memasarkan produk.

Sebagian besar konsumen telah menjadikan teknologi digital sebagai bagian dari gaya hidup. Misalnya ketika sedang membutuhkan informasi poduk yang akan dibeli, mereka akan segera mencarinya di mesin pencari dan media sosial.

Media seperti koran,radio, dan tv sudah dianggap ketinggalan zaman. Konsumen lebih tertarik melihat produk yang diiklankan di platform digital. Karenanya, pemilik bisnis perlu menggunakan platform digital untuk memperkenalkan bisnisnya.

Media Sosial

Pemilik bisnis perlu menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, atau Tiktok untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. Masing-masing platform media sosial tersebut punya karakter tersendiri.

Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk membuat akun bisnis di media sosial. Pemilik bisnis tinggal membuat konten yang bisa menarik perhatian audien. Selain itu, bisa juga memasang iklan berbayar agar jangkauannya bisa lebih luas.

Website

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan