Mohon tunggu...
Daniel Mashudi
Daniel Mashudi Mohon Tunggu... Kompasianer

https://samleinad.com E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com Twitter, IG: @samLeinad

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Mengurai Kenangan dalam Lagu "Januari di Kota Dili"

31 Januari 2012   02:08 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:15 4001 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengurai Kenangan dalam Lagu "Januari di Kota Dili"
132798602845171276

[caption id="attachment_167377" align="aligncenter" width="500" caption="Dili (Shutterstock)"][/caption]

Januari di kota Dili. Mendengar keempat kata ini, pasti kita akan langsung menebak bahwa ini adalah judul sebuah lagu pop milik Rita Effendy. Rita yang kelahiran Bandung 26 April 1969 memang dikenal memiliki suara merdu dan lagu-lagu yang dinyanyikannya pun indah untuk didengarkan, seperti lagu Telah Terbiasa, Terima Kasih Mawarnya, atau Selamat Jalan Kekasih. Lagu Januari di Kota Dili dipopulerkan oleh pada tahun 1998 (album Salahkan Rembulan), sebelum Timor Leste atau yang dulu bernama Timor Timur memisahkan diri dari kedaulatan Republik Indonesia melalui sebuah referendum di tahun 1999 dan berdiri menjadi sebuah negara sendiri.

Namun kali ini saya tidak akan membahas soal kemerdekaan wilayah yang beribukota Dili tersebut, atau juga sejarah panjang dan perjalanan politik yang berkenaan dengan bekas provinsi ke-27 Republik Indonesia tersebut. Saya pun juga tidak akan berkisah tentang tempat-tempat wisata atau bangunan-bangunan terkenal di kota Dili seperti Gereja Motael, Tugu Saint Mary atau Patung Kristus Raja, karena memang saya belum pernah sekali pun berkunjung ke Timor Timur.

Mungkin sudah berkali-kali saya mendengarkan lagu Januari di Kota Dili tersebut, namun saya tak pernah bosan karenanya. Kemampuan Rita yang juga menjadi salah satu personil Elfa’s Singers untuk membawakannya dengan apik membuat lagu ini menjadi salah satu lagu kesukaan saya. Dengarlah bagaimana ketika Rita dengan nada lembut dan perlahan memulai menyanyikan bait pembuka. Disambung dengan intro yang bertempo sedang, dilanjutkan dengan bait kedua, refrain sampai dengan bagian akhir lagu, semua nada dan syair dalam lagu tersebut mampu dihadirkan begitu indah oleh penyanyinya.

Tak hanya dari segi syair dan aransemen musik yang membuat lagu ini layak untuk dikenang sampai sekarang. Kendati memang banyak lagu pop Indonesia dengan syair dan musik bagus, namun ada kesan tersendiri yang hadir setiap kali lagu ini saya dengar. Sebuah perasaan sentimental, entah mengapa, selalu saja merasuk ke jiwa setiap kali bait demi bait dinyanyikan. Di balik kata-kata indah yang menceritakan tentang kerinduan untuk bertemu dengan seorang kekasih, ada sebuah perasaan sedih yang juga ikut hadir di dalamnya. Bisa saja perasaan sentimental itu dipengaruhi oleh kenyataan sejarah bahwa akhirnya Timor Leste tidak lagi menjadi bagian dari Indonesia. Dan wajar saja jika rasa kehilangan yang teramat besar itu pun juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari lagu tersebut.

Mencoba untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kesan-kesan yang dialami oleh orang lain mengenai lagu tersebut, akhirnya membawa saya untuk mencari video berikut komentar di Youtube. Dari sebuah video lagu Januari di Kota Dili, beragam komentar muncul dalam Bahasa Indonesia, Inggris bahkan Portugis. Berikut beberapa di antaranya:

”Gila ni lagu..... sedih dengernya... apakabar saudara-saudaraku yang di Timor Leste?”

“Untuk Timor Leste, kalian masih saudara kami, dan dimanapun tidak ada namanya bekas saudara..”

“I don't know why this song really actual to giving me 'distant-sensation-between-two¬-lovers'. Political, geographical, cultural, religion, economic, global issues... Timor Leste is very metaphoric to give that far-away feelings. And i cant help myself to not become a sentimental when i hear this song”

“This song reminds me of my childhood in Dili. Miss and love u Dili”

“Ganda som,curto bue este som.....Rita eh sem duvida grande cantora.Esta cancao faz me lemrar os momentos que passei com a minha ex-namorada quando andamos juntos na escola pre secunndaria (Smp)..nfim adoro este som. Thanx for who posted this song”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x