Mohon tunggu...
Daniel H.T.
Daniel H.T. Mohon Tunggu...

Bukan siapa-siapa, yang hanya menyalurkan aspirasinya. Berasal dari Fakfak, Papua Barat. Twitter @danielht2009

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama FEATURED

Salah Kaprah antara Jumat Agung dan Paskah

25 Maret 2016   01:18 Diperbarui: 14 April 2017   00:00 3424 29 25 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salah Kaprah antara Jumat Agung dan Paskah
Bukit Golgota, tempat Yesus disalibkan, sekarang (Sumber: michel-ariel-site.blogspot.com)

Berikut ini adalah penggalan berita dari kompas.com, tribunnews.com, dan rri.co.id yang ditayangkan pada Kamis, 24 September 2016:

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mengerahkan 4.900 personel untuk mengamankan perayaan Paskah yang jatuh pada Jumat (25/3/2016) besok.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang perayaan paskah yang jatuh pada Jumat (25/3/2016) besok, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan melangsungkan ibadah Jumat Agung.

www.rri.co.id Libur Paskah Besok, Polres Subang Siapkan 95 Personil.

Tiga penggalan berita ini dari tiga media daring itu menulis bahwa Jumat, 25 Maret 2016 adalah hari umat Kristen merayakan Hari Raya Paskah.

Ini keliru.

Karena, Jumat ini (25/3) bukan Hari Raya Paskah, melainkan Jumat Agung.

Paskah baru dirayakan pada hari ketiga setelah Jumat Agung, yaitu Hari Minggu, 27 Maret 2016.

Selain tiga media daring tersebut di atas, ada beberapa media lainnya yang juga menulis, Jumat ini adalah Hari Raya Paskah.

Salah kaprah tersebut bukan hanya terjadi di media, tetapi juga di kalangan masyarakat sehari-hari. Ada saja yang masih keliru, mengira Jumat inilah Hari Paskah. mencampuradukkan antara Jumat Agung dengan Paskah, seolah-olah keduanya identik.

Jumat ini adalah Jumat Agung. Disebut Jumat Agung, karena pada Hari Jumat inilah dirayakan hari kematian Yesus Kristus di atas kayu salib, setelah diadili di pengadilan Sanhedrin (Mahkamah Agama Yahudi), dan dijatuhi hukuman mati, disiksa, dihina, kemudian disalibkan sampai mati di Bukit Golgota.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN