Digital

PUBG vs Fortnite, Manakah Gim yang Cocok untuk Kalian?

11 Juni 2018   13:09 Diperbarui: 11 Juni 2018   13:24 179 0 0
PUBG vs Fortnite, Manakah Gim yang Cocok untuk Kalian?
gbatemp.net

Overview

Sulit membedakan apa yang membuat PUBG dan Fortnite memiliki pengalaman gaming yang unik bagi para gamer. Keduanya adalah game battle royale di mana 100 pemain akan berperang dalam sebuah area yang besar sampai hanya ada satu pemain yang bertahan hidup dan menjadi pemenang. 

Kedua game juga menawarkan opsi untuk bermain solo atau skuad. Selain kedua opsi tersebut, ada beberapa mode lain yang juga menarik untuk dicoba dan terkadang di kalangan para gaming streamer juga senang memainkan mode tersebut.

Untuk semua kesamaan dari kedua game ini, PUBG dan Fortnite sebenarnya sangat berbeda. Bahkan ada pembicaraan para gamer mengenai masa depan game yang bergenre battle royale. Lihat saja game seperti Call of Duty terbaru yang hampir mengikuti genre battle royale juga. PUBG dan Fortnite ini akan dilihat sejauh mana perkembangan dan inovasi ke depannya.

Meski video game adalah media hiburan yang sepenuhnya bergantung pada selera pemain untuk memilih mana yang terbaik, ada beberapa penentu yang bisa menjamin sebuah game bisa dikomparasi. 

Pada akhirnya nanti harus ada sebuah rekomendasi untuk kalian. Dari yang sudah sekilas diceritakan di atas, perlu kita ketahui tentang game PUBG dan Fortnite untuk menentukan game mana di antara keduanya yang cocok buat kalian.  Akan dibahas perbedaan keduanya, mulai dari gameplay, graphics, sound design, platform and price.

Gameplay

PUBG adalah sebuah game battle royale di mana berbasis atau berdasar pada genre tembak menembak atau biasa disebut dengan "shooter game". Ketika kalian masuk ke dalam game ini, kalian akan dibawa terbang di atas pesawat dan kemudian kalian akan memilih lokasi pendaratan secara bebas. Setelah turun dan sukses mendarat, kalian harus dengan cepat mencari perlengkapan baik itu senjata atau obat-obatan untuk dapat bertahan hidup sampai akhir dan menjadi pemenangnya. 

Meskipun terlihat simpel, namun ketika kalian mendarat di area yang padat dengan pemain lain, kalian akan didorong untuk berkonsentrasi dan terus menganalis situasi sekitar kalian. Taktik, posisi, reflek, dan aim menembak adalah kunci untuk dapat memenangi permainan PUBG ini. 

Hal itu termasuk juga dengan kemampuan untuk mengenali posisi terbaik kalian ketika memilih lokasi turun, selalu bergerak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kalian inginkan terjadi. Ditambah dengan pemilihan lokasi pendaratan, jika kalian melompat turun di lokasi dengan banyak pemain lain yang juga turun di area yang sama, bersiaplah untuk menguji keterampilan menembak atau aim kalian.  

Fornite adalah game battle royale yang juga berbasis atau berdasar pada genre "shooter game". Namun perbedaannya dengan PUBG adalah Fortnite merupakan game tembak-menembak yang lebih cepat. Mungkin bisa disebut sebagai "fast pace shooter game". Di mana hal tersebut bisa dibilang sebagai evolusi sebuah game dari genre shooter. Kecepatan dan keterampilan adalah hal yang paling penting untuk dimiliki sebagai pemain Fortnite. 

Sama dengan PUBG, sistem awal game juga sama yaitu kalian akan dibawa dengan sebuah pesawat dan terjun untuk memilih lokasi pendaratan dengan bebas. Namun yang nampak berbeda adalah setelahnya. Seperti yang sudah disebutkan bahwa kecepatan dan keterampilan adalah kunci untuk bermain Fortnite, kalian dapat membuat sebuah bangunan untuk dapat bertahan hidup dan menghindari tembakan musuh di area manapun. 

Berbeda halnya dengan PUBG yang hanya bisa mencari lokasi sembunyi atau berlindung dari objek-objek yang sudah diciptakan oleh developernya seperti rumah-rumah, pepohonan, dan rerumputan. Kalian harus berpikir cepat dan terampil untuk membangun, mengganti senjata, dan mengelola seluruh item atau inventory kalian di Fortnite. 

Graphics

PUBG menggunakan gaya visual yang lebih realistis. Karena realistisnya, kualitas grafis PUBG terlihat sedikit lebih berantakan dan ramai dengan assets atau objek-objek dibanding dengan game Fortnite. Namun, bukan berarti PUBG dikatakan jelek. Grafis realistisnya bisa dibilang mempengaruhi atmosfer gameplay permainannya. Tidak heran kalau pemain game PUBG lebih susah menemukan musuh yang bersembunyi di rerumputan karena terlalu realistisnya. 

Perlu kejelian dan kecermatan dari pemain untuk dapat menemukan keberadaan musuh. Walaupun PUBG dengan gaya realistisnya bisa dikatakan bagus dan mantap, muncul permasalahnya yaitu visual PUBG menjadi agak hambar. Jika kalian memainkan PUBG pada komputer high-end dengan koneksi internet yang bagus, kalian akan bermain dengan nyaman. 

Kalau tidak mencukupi seperti komputer dengan low-spec, visual PUBG agak pecah-pecah dan tidak menarik untuk dilihat. Bisa dikatakan kecantikan realistisnya akan hilang.

Fortnite bukanlah game yang paling mengesankan secara visualnya di pasaran game. Tetapi game ini adalah salah satu game tembak-tembakan yang paling menarik secara visual di luar sana. Tingkat warna-warni permainan dan desain yang sangat kontras, membuat Fortnite berbeda dengan sebagian besar game battle royale di luar sana. Visual Fortnite ini mengingatkan kita pada apa yang akan terjadi jika kalian mengambil sebuah imajinasi dari seorang anak, yang di mana mereka bermain dengan figur aksi atau action figure dan memproyeksikannya di layar.

Gaya grafis dalam sebuah game pada dasarnya akan mempengaruhi kondisi atau kebutuhan psikologis dari pemainnya. PUBG yang dengan konsep grafis realistis memberikan kesan seperti bertarung dalam sebuah medan pertempuran yang sebenarnya, karena terlalu realistisnya. Pemain harus melihat dengan jeli keberadaan musuh yang bersembunyi dan penuh konsentrasi untuk dapat bertahan hidup sampai menjadi pemenang yang sesungguhnya. 

Sensasi stress dan tekanan dalam game PUBG membuat pemain harus bertahan hidup seperti layaknya dalam film "Hunger Games". Sedangkan Fortnite Battle Royale dengan konsep visual cartoonish-nya, membawa pemain-pemainnya lebih merasa "have fun", dikarenakan visualnya yang nampak seperti kartun, lebih bewarna dan memiliki konsep game casual yang membuat pemain akan nyaman dan senang untuk bermain bersama pemain lainnya.

Sound Design

Desain suara dari game PUBG adalah salah satu yang terbaik dalam sejarah video game. Suara tembakan dari musuh dapat memberi tahu kalian di mana mereka berada, apa yang mereka miliki, dan apa yang mereka coba lakukan. Mencari tahu cara dengan menafsirkan dan mendengarkan setiap suara adalah kunci untuk benar-benar menguasai permainan dalam game PUBG. Desain suara PUBG adalah salah satu aspek dari permainan yang tidak pernah gagal mengesankan para pemainnya.

Desain suara adalah salah satu elemen terlemah di game Fornite, setidaknya dalam hal persaingannya dengan PUBG. Itu tidak berarti bahwa suara di dalam game ini buruk. Semuanya berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi ada yang membuat kalian akan berkata "wow" ketika mendengarnya. 

Suara di dalam game ini juga tidak terlalu penting untuk pertarungan permainan, karena kalian kemungkinan akan mendapatkan indikasi visual tentang keberadaan musuh sebelum kalian menafsirkan atau mendengarkan suara asal tembakan musuh. Selama momen tenang dalam game, kalian mungkin berharap bahwa ada efek-efek suara tambahan yang menarik dalam game Fortnite.

Platform and Price

PUBG saat ini hanya tersedia untuk PC, Xbox One, Android, dan iOS. Meskipun dimungkinkan untuk bermain game di komputer Mac, tidak ada pemberitahuan resmi untuk melakukannya saat ini. Tidak ada indikasi juga bahwa game ini akan datang ke PlayStation 4 dalam waktu dekat. Saat ini, cara yang lebih disukai untuk memainkan game PUBG adalah pada PC. Versi Xbox One game menderita masalah teknis, masalah kontrol, dan kurangnya pembaruan komparatif. 

Meskipun game ini dapat dimainkan di Android dan iOS, tidak ada versi yang menawarkan pengalaman lengkap seperti halnya pada versi PC-nya. PUBG versi mobile-nya gratis untuk dimainkan di perangkat seluler, namun untuk versi perangkat PC dan Xbox One kalian harus merogoh kocek sekitar 200 ribu rupiah.

Fortnite saat ini tersedia di PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows, iOS, dan sistem operasi Mac. Permainan game ini berjalan sangat baik di semua perangkat , bahkan iOS. Fornite sendiri  menawarkan crossplay perangkat Xbox One dan PlayStation 4. 

Game ini bahkan datang ke Android pada musim panas 2018. Game Fortnite ini gratis untuk dimainkan di seluruh platform tetapi tetap ada tawaran untuk pembelian beberapa aksesoris untuk mempercantik karakter kalian di dalam game. Secara umum, mempercantik karakter kalian di game ini adalah sebuah budaya yang biasa dilakukan pemain di Fortnite daripada di PUBG. Itu berarti kalian mungkin ingin mencoba membelinya.

What Makes It "Fun?"

Kegembiraan bermain game PUBG berasal hampir sepenuhnya dari ketegangan yang tak terelakkan yang ditawarkan. Jika kalian suka bermain game horor, kalian kemungkinan akan langsung mengenali daya tarik PUBG. Ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk melompat ke area lalu lintas tinggi atau padat dengan pemain lain, kalian harus cepat menemukan senjata dan menembak musuh untuk menuju kemenangan, tetapi sebagian besar mengharuskan kalian untuk merasakan ketegangan saat kalian mencoba untuk mencari musuh, tetap hidup saat area bermain ditutup, dan menyelinap dalam beberapa aksi pembunuhan.

Sedangkan kegembiraan untuk bermain Fortnite sebagian besar berasal dari kegilaan pengalaman. Dari visualnya yang berwarna-warni hingga absurditas di beberapa item-nya, Fortnite bukanlah permainan yang serius untuk dimainkan tetapi dapat juga dianggap serius oleh mereka yang ingin menjadi hebat dalam permainan. Terlepas dari itu, sangat mungkin untuk menikmati diri sendiri di Fortnite tanpa meributkan tentang tingkat keterampilan kalian atau bahkan "menang."

Which Is Right for You?

Keduanya adalah permainan yang sangat berbeda dan kalian harus mencoba keduanya. Jawaban yang jauh lebih membantu adalah kalian harus mencoba Fortnite terlebih dahulu. Tidak hanya Fortnite adalah game paling populer di dunia, tetapi sebagai judul battle royale, game ini adalah game yang bebas dimainkan alias gratis. Ini adalah cara yang bagus untuk menentukan apakah kalian tertarik pada game genre battle royale lainnya. 

Game dengan aksi cepat, gaya penuh warna, dan pembaruan rutin juga membuatnya lebih mudah diakses oleh gamer lain. Tentu tidak ada salahnya bahwa game ini dioptimalkan dengan baik di berbagai platform.

Namun, ada banyak gamer yang hanya akan menikmati PUBG lebih banyak. PUBG lebih mampu memanfaatkan ketegangan dalam skenario "one man standing". Ini juga permainan yang lebih menekankan pada mekanika seperti membidik, jarak peluru jatuh, dan aspek kelangsungan hidup dari konsep pertempuran bertahan hidup di arena yang luas.

Jadi pada akhirnya ... ya, boleh saja kalian untuk memainkan kedua game populer ini. Namun, lebih disarankan kalian memulai dengan Fortnite.