Mohon tunggu...
Daniel CarlosMaripi
Daniel CarlosMaripi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

FPIPS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKNT UPI 2022: Kenali Bakat dan Potensi dalam Diri

10 Agustus 2022   22:23 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:34 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Kelompok KKN. dokpri

Kuliah Keja Nyata yang kemudian disingkat menjadi KKN  merupakan suatu kegiatan yang  sudah tidak asing atau bahkan sudah biasa terdengar ditelinga para mahasiswa maupun masyarakat umum. KKN merupakan suatu kegiatan dimana mahasiswa berkesempatan untuk menjalani pengabdian di suatu daerah.

Tujuan sebenarnya dari KKN yang diadakan oleh perguruan tinggi yaitu untuk melaksanakan tridahrma perguruan tinggi,selain itu juga diharapkan kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk mencetak para generasi penerus bangsa yang memiliki pola pikir kritis,memiliki semangat yang tinggi ,inovatif serta peka terhadap permasalahan permasalahan yang ada pada masyarakat.

Daniel Carlos Maripi sebagai salah satu Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari kelompok 63 ikut terjun langsung melaksanakan kegiatan KKN Tematik UPI yang berlokasi di desa Babakan Sari,Kecamatan Kiaracondong,Kota Bandung dengan massa pengabdian pada masyarakat selama 1 bulan,dimulai dari 11 Juli hingga 10 Agustus 2022.

Tema yang diangkat pada KKN ini adalah Desa Peduli Pendidikan,program kerja yang saya buat adalah " Kenali Bakat dan Potensi dalam Diri". Kelompok 63 di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bapak Drs. Amir,M.pd. pada kesempatan ini saya terjun langsung ke sekolah swasta SMA Bhina Dharma 2 yang berlokasi di Babakan sari.

Bakat suatu hal yantg tidak dapat terlepas dari seseorang. Lantas apa itu bakat? Secara umum bakat merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang sudah melekat dalam dirinya sejak lahir.Beberapa dari kita mungkin masih belum tahu bakat yang kita miliki. Lantas bagaimana kita dapat mengetahui bakat kita?Ada beberapa tips diantaranya:

  • Mau belajar hal yang baru

Keinginan untuk belajar hal baru dapat menjadi sarana bagi diri kita unrtuk mengetahui bakat yang terpendam atau bahkan  yang tidak kita sadari. Seiring kita belajar hal yang baru kita semakin tahu diri kita sendiri baik itu kekurangan maupun kelebihan yang ada pada kita

  • Bertanya pada orang terdekat

Untuk mengetahui bakat kita,kita bisa menanyakan kepada orang orang terdekat. Terkadang kita tidak menyadari bakat yang kita miliki,tapi justru orang lain yang mengetahuinya.

Melalui Tes minat dan Bakat kita dapat mengetahui secara jelas minat dan bakat yang kita miliki. Melalui metode yang dipakai kita dapat lebih mengetahui mulai dari bakat dan minat kita

Kertika kita sudah mengetahui bakat kita,kita harus mengembangkannya.Bakat dapat terus berkembang,ada beberapa hal yang mempengaruhi cepat atau lambatnya bakat berkembang antara lain:

  • Tingkat pendidikan yang didapatkan seseorang
  • Faktor lingkungan sekitar yang dapat mendukung bakat seseorang
  • Struktur saraf motorik yang baik
  • Motivasi dan minat seseorang untuk belajar serta mengasah bakatnya.

Bakat-bakat yang dikembangkan inilah yang pada hasil akhirnya menjadi sebuah potensi. Potensi yang ada dapat menetukan masa depan kita. Maka dari itu carilah dan kembangkan bakat serta potensi yang dimiliki demi masa depan kalian

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan