Mohon tunggu...
danendra farrel
danendra farrel Mohon Tunggu... Lainnya - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Hobi tidur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Peramalan Data Kunci Kesuksesan Organisasi di Era Digital Indonesia

2 November 2023   19:43 Diperbarui: 2 November 2023   19:48 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pixabay.com/id/photos/pemasaran-digital-seo-google-1725340/

Pertumbuhan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengelolaan data dan peramalan di berbagai organisasi, termasuk di Indonesia. Jurnal "Computational Statistics and Data Analysis" yang dipublikasikan oleh Niccol Ajroldi, Jacopo Diquigiovanni, Matteo Fontana, dan Simone Vantini pada tahun 2023 membahas tentang kerangka peramalan untuk deret waktu fungsional dua dimensi dengan fokus pada pengukuran ketidakpastian. Bagaimana konsep peramalan dan pengelolaan data ini relevan dengan konteks Indonesia? Mari kita eksplorasi lebih lanjut.

Peramalan dan Data dalam Konteks Organisasi

Peramalan adalah elemen kunci dalam pengambilan keputusan organisasi. Organisasi, baik itu bisnis, pemerintahan, atau lembaga non-profit, selalu berusaha untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan. Ini termasuk dalam hal pengelolaan data. Bagaimana organisasi dapat menggunakan data yang dimilikinya untuk membuat keputusan yang lebih cerdas?

Di Indonesia, pertanyaan ini menjadi semakin penting seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang cepat. Banyak organisasi di Indonesia, termasuk perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, dan lembaga pendidikan, mengumpulkan sejumlah besar data setiap hari. Data ini mencakup berbagai hal, mulai dari informasi keuangan hingga data pelanggan dan data lingkungan.


Mengapa Peramalan Penting dalam Konteks Indonesia?

Indonesia adalah negara dengan populasi yang besar dan keragaman geografis yang signifikan. Hal ini menciptakan tantangan dan peluang unik dalam pengambilan keputusan organisasi. Dalam konteks ini, peramalan menjadi alat yang sangat penting.

Mari kita pertimbangkan beberapa contoh konkret:

  1. Ekonomi: Dalam konteks bisnis, perusahaan perlu meramalkan permintaan pelanggan, pergerakan harga, dan tren pasar. Di Indonesia, di mana pasar beragam dan dinamis, peramalan dapat membantu perusahaan mengoptimalkan rantai pasokan dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan.

  2. Pemerintah: Pemerintah Indonesia harus merencanakan anggaran dan kebijakan berdasarkan data dan proyeksi masa depan. Peramalan ekonomi, pertumbuhan penduduk, dan kebutuhan infrastruktur adalah contoh dari area di mana data dan peramalan sangat penting.

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
    Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun