Mohon tunggu...
Dandung ReyhanSudiro
Dandung ReyhanSudiro Mohon Tunggu... Mahasiswa universitas muhammadiyah riau

Haiii semuanya, kenalkan nama saya dandung reyhan sudiro, bisa temen-temen manggil dandung, saya dari universitas muhammaddiyah riau juruan ilmu komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila Sistem sebagai Filsafat dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

20 Juni 2021   02:15 Diperbarui: 20 Juni 2021   06:46 65 1 0 Mohon Tunggu...

Filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai sebab-sebab, asas-asas hukum dan sebagainya daripada segala yang ada dalam alam semesta ataupun mengetahui kebenaran dan arti "adanya" sesuatu. Philosophy-Filsafat berasal dari bahasa Yunani philosophia.

Nama pancasila ini terdiri dari dua kata sansekerta. Panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Filsafat Pancasila adalah penggunaan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bernegara. Sebagai informasi, filsafat adalah suatu bidang ilmu yang senantiasa ada dan menyertai kehidupan manusia.

Membahas Pancasila sebagai filsafat berarti mengungkapkan konsep-konsep kebenaran Pancasila yang bukan saja ditujukan pada bangsa Indonesia, melainkan juga bagi manusia pada umumnya. Wawasan filsafat meliputi bidang atau aspek penyelidikan Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Ketiga bidang tersebut dapat dianggap mencakup kesemestaan.

Berikut adalah pancasila sebagai sistem Filsafat dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di lingkungan kampus menurut penulis adalah :

1. Terciptanya kedamaian di lingkungan kampus.

Pada lingkungan kampus, kita wajib bersikap ramah dan beretika yang baik, selain untuk mengemban ilmu, kampus juga tempat sharing berbagai aktivitas mahasiswa lainnya.

Terjaga nya kedamaian di lingkungan kampus mencerminkan bahwa para masyarakat kampus menerapkan sikap pancasila sebagai sistem filsafat.

2. Penerapan pancasila pada proses ajar mengajar.

Proses ajar mengajar diindonesia dapat dikatakan sebagai sistem belajar yang sudah sangat berkembang dari pada zaman terdahulu, dimana kita bisa belajar dengan tenang dan aman, tersedia segala ketersedian kebutuhan, proses belajar yang efektif dan kondusif, saling hormat menghormati antara dosen dan mahasiswa maupun mahasiswa terhadap sesama mahasiswa, adanya sadar sifat-sifat yang positif seperti jujur, bertanggung-jawab, tolong menolong, dan lainnya.

3. Terbangun nya sikap sikap musyawarah dalam pengambilan keputusan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN