Mohon tunggu...
Danar Virdaus
Danar Virdaus Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penganut Aliran Santai

Penikmat kopi yang suka merawat kucing dan kelinci.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Mengenal Konsep dan Penerapan Internet of Things (IoT)

22 Februari 2024   14:48 Diperbarui: 22 Februari 2024   14:59 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Internet of Things (IoT) (sumber gambar: pixabay.com)

Internet of Things (IoT) telah menjadi salah satu tren teknologi terpanas dalam beberapa tahun terakhir, mengubah cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan membuka pintu untuk inovasi yang tak terbatas.

Dari rumah pintar yang memantau keamanan dan kenyamanan kita hingga konsep kota cerdas (smart city) yang mengoptimalkan transportasi dan manajemen energi, IoT telah menyentuh hampir setiap aspek kehidupan kita.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan konsep dasar dari Internet of Things, bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan sehari-hari kita, dan apa yang dapat kita harapkan di masa depan yang semakin terhubung ini.

Dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung dan penerapan yang terus berkembang, IoT menjadi titik pusat dalam perubahan menuju dunia yang lebih terhubung dan pintar.

Definisi dan Gambaran Umum tentang IoT

Dikutip dari exatekno, Internet of Things (IoT) merupakan jaringan yang terdiri dari berbagai perangkat fisik yang terhubung satu sama lain melalui internet, memungkinkan pertukaran data dan kontrol yang efisien.

Konsep dasar di balik IoT adalah memungkinkan objek-objek dalam kehidupan sehari-hari untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi, baik dengan manusia maupun dengan perangkat lainnya, untuk memberikan layanan yang lebih cerdas dan efisien.

Prinsip dasar yang mendasari IoT adalah penggunaan sensor untuk mendeteksi informasi dari lingkungan fisik, mentransmisikan informasi ini melalui jaringan, dan menggunakan platform perangkat lunak untuk menganalisis dan merespons data tersebut.

Komponen-komponen utama dalam jaringan IoT termasuk sensor-sensor yang mendeteksi data fisik, perangkat pintar yang memproses dan mentransmisikan data, konektivitas yang menghubungkan perangkat ke internet, platform perangkat lunak yang mengelola dan menganalisis data, dan aplikasi yang memberikan layanan atau respons berdasarkan data yang dikumpulkan.

Dengan memahami konsep dasar dan komponen-komponen ini, kita dapat lebih memahami bagaimana IoT beroperasi dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan sehari-hari kita.

Penerapan IoT dalam Kehidupan Sehari-hari

Internet of Things (IoT) memiliki aplikasi yang luas dalam kehidupan sehari-hari, membawa inovasi yang signifikan dalam berbagai bidang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun