Mohon tunggu...
Danang Yuda B
Danang Yuda B Mohon Tunggu... Lainnya - Hidup sederhana

Danang Yuda Bhayangkara Mahasiswa UMM semester 4 Sedang menempuh di jurusan Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Money

Dampak COVID-19 terhadap Perekonomian Pedagang Kaki 5

19 Juni 2020   21:23 Diperbarui: 19 Juni 2020   21:27 593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Mahasiswa Aktif Jurusan Akuntansi UMM semester 4

Pada kesempatan ini saya akan memberikan sekedar informasi mengenai keluh kesah seorang pedagang kaki 5 yang sedang terpuruk ekonomi keluarganya karena dampak covid 19. Waktu saya berada pada lokasi seorang pedagang kaki lima sangatlah mengenaskan , saya melihat dagangan nya tidak ada yang membeli , hal tersebut mengakibatkan menurunnya omset pedagang tersebut. Dan setelah beberapa hari , pemerintah menerapkan Lockdown yang membuat pedagang kaki lima tersebut sangatlah sulit untuk mencari reski nya.

Bantuan dari pemerintah pun tidak seberapa untuk menjalani hidup para pedagang kaki lima ini, saya sedikit bertanya tanya kepada salah satu pedagang kaki lima ini :

Saya : Permisi pak , saya Danang pak dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang , Mau bertanya mengenai seputar wabah covid 19 apa boleh ya bapak ?

Pedagang kaki 5 : Boleh mas , silahkan.

Saya : Jai begini pak , saya mau bertanya penurunan omset nya bapak selama sebelum pandemic dan pada saat pandemi ini bagaimana ya bapak ?

Pedagang kaki lima : Oiya mas , emang omset saya menurun drastis mas pada saat pandemic ini, apalagi saat pemerintah menerapkan sistem lockdown , saya hanya menerima omset sekitar 50 % dan pada saat sebelum pandemi , omset saya sekitar 90 % mas dari pembuatan bahan bahan dagangan ini.

Saya : Ooo , Setelah diadakan lockdown apa ada bantuan sembako dari pemerinta ya bapak ?

Pedagang kaki lima : Iya mas , ada , tapi tidak seberapa mas , Cuma bisa buat makan beberapa hari saja.

Saya : Solusi bapak untuk mengatasi ekonomi pada sat pandemi ini bagaimana ya pak , kalo boleh tau ?

Pedagang kaki lima : Saya dibantu anak saya mas , menjual belikan secara online ke teman teman sekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun