Mohon tunggu...
Danang Wiryawan
Danang Wiryawan Mohon Tunggu... Content Writer

Seorang mahasiswa yang hobi menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengangguran

17 Juli 2020   21:35 Diperbarui: 17 Juli 2020   21:27 5 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengangguran
Ilustrasi Penggangguran (sumber: Galamedianews)

Pengangguran merupakan salah satu masalah sosial yang sering dihadapi oleh negara berkembang. Pengangguran berkaitan dengan faktor ketenagakerjaan yang menjadi permasalahan yang muncul di masyarakat. Tidak hanya di negara Indonesia, tetapi masalah ini juga dapat ditemukan di setiap negara. Pengertian dari pengangguran itu sendiri adalah orang yang sedang mencari pekerjaan atau orang yang tidak memiliki pekerjaan. 

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran. Pengangguran secara umum terjadi karena terdapat perbedaan tingkat pencari kerja yang jumlahnya banyak dan tidak diimbangi dengan jumlah pembuka lapangan kerja yang jumlahnya sedikit. 

Pengangguran juga dapat disebabkan oleh kurangnya keahlian dari orang yang mencari kerja, sehingga mereka tidak dapat menemukan pekerjaan yang cocok dengan kemampuannya. Pada umumnya pengangguran disebabkan oleh adanya tindak pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada pegawai atau karyawan yang dilakukan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Akibat dari pengangguran biasanya memunculkan suatu permasalahan sosial di bidang ekonomi dan juga di bidang sosial. Seseorang yang menganggur tidak akan mendapat penghasilan sehingga mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup pribadi ataupun keluarganya. Pengangguran juga dapat mengakibatkan tingkat kriminalitas semakin tinggi seperti pencurian, perampokan, dll. Parahnya orang yang menganggur dapat juga mengalami gangguan kejiwaan dan stres berat karena beban pikiran yang ditanggungnya. 

Pengangguran adalah salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang mestinya harus segera dicarikan solusinya. Dengan adanya peran pemerintah dan masyarakat untuk memperbaiki dan memperluas lapangan pekerjaan, upaya itu harus segera terlaksana untuk meminimalisir dan menurunkan angka pengangguran yang ada.

VIDEO PILIHAN