Mohon tunggu...
Danang Kuncara Jakti
Danang Kuncara Jakti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Akuntansi

Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Gerai Vaksin Unisa Yogyakarta dalam Rangka Pencegahan Covid-19

26 Juni 2022   20:33 Diperbarui: 2 Juli 2022   19:19 94 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Unisa Yogyakarta merupakan singkatan dari Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta adalah Perguruan tinggi Muhammadiyah yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta memiliki visi yaitu menjadi universitas yang berwawasan kesehatan pilihan dan unggul berbasis nilai-nilai Islam Berkemajuan.

Berawal dari ditemukannya dua kasus Covid-19 yang pertama kali di Indonesia. Mulai saat itu angka infeksi virus Covid-19 terus berkembang sangat cepat hingga Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus harian paling tinggi di dunia. Bertambahnya angka kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 37.284 kasus baru infeksi virus corona pada 31 Juli 2021.

Berdasarkan penambahan angka kasus baru infeksi Covid-19 di Indonesia, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta bergerak dalam rangka upaya penurunan angka kasus baru Covid-19 dengan mengadakan gerai vaksinasi. Adanya gerai vaksinasi Covid-19 ini adalah sebagai bentuk komitmen Universitas 'Aisyiyah dalam rangka membantu pemerintah melakukan vaksinasi bagi masyarakat dan upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid 19.

Rektor Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Warsiti menjelaskan bahwa dengan adanya vaksinasi juga mendorong terbentuknya sistem kekebalan kelompok (herd immunity) yang pada akhirnya dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat secara menyeluruh, sehingga dapat adaptasi dengan kebiasaan baru dan dapat meningkatkan produktivitas.

Kegiatan vaksinasi yang pertama Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta bekerjasama dengan TNI POLRI dan Kementrian Kesehatan RI. Vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan pada 25-28 Agustus 2021. Adapun target vaksinasi yang pertama ini adalah sebanyak 6.500 orang dengan sasaran yaitu pelajar, mahasiswa, dosen, keluarga besar UNISA, dan masyarakat umum. Stok vaksin Covid-19 yang dipersiapkan dalam kegiatan vaksinasi ini sebanyak 6.500 dosis dengan jenis sinovac.

Melihat antusias yang luar biasa dari masyarakat dalam kegiatan vaksinasi. Hal ini didasari dari masayarakat yang semakin sadar akan pentingnya vasinasi untuk dirinya sendiri dan untuk orang-orang terdekatnya. Berdasarkan fenomena ini maka Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta melakukan kembali kegiatan vaksinasi yang dilakukan dalam beberapa periode.

Gerai vaksinasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta periode pertama dilaksanakan pada 22, 24, dan 26 Maret 2022 dengan kuota 100 dosis perhari. Gerai vaksinasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta periode kedua dilaksanakan pada 29, 31 Maret dan 2 April 2022. 

Gerai Vaksinasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta berlangsung hingga periode keempat kemudian dilanjutkan dengan gerai vaksinasi untuk anak dan dewasa yang dilaksanakan pada 7 Juni 2022. Setelah itu, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta kembali membuka gerai vaksin booster yang diutamakan untuk mahasiswa UNISA Yogyakarta penggiat kegiatan offline di kampus.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan