Mohon tunggu...
Damarra Kartika
Damarra Kartika Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Studi Komunikasi Massa dan Digital Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Romansa dengan "Kembaran" Manusia dalam Her (2013)

20 Oktober 2020   15:27 Diperbarui: 20 Oktober 2020   15:39 46 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Romansa dengan "Kembaran" Manusia dalam Her (2013)
Gambar 1. Poster Her (2013) via impaward.com. 

Ketika kita menjalin hubungan dengan manusia lain, kecenderungan yang terjadi ialah sulit saling menurunkan ego, saling mengerti, bahkan saling mengalah. So, what about being in a relationship with a machine? 

Her (2013) dan Implikasi Sosialnya Pada Teknologi 

IMDb memberikan nilai sebesar 8.0/10 untuk film yang naskahnya ditulis sekaligus disutradarai oleh Spike Jonze ini. Melihat pada realitas, teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) yang serupa dengan Samantha (Scarlett Johansson) sedang terus dikembangkan. Manusia terus berusaha untuk menghadirkan teknologi yang memiliki kecerdasan mirip manusia bahkan mampu berinteraksi secara personal. 

Pada tahun 2015, seorang ilmuwan bernama David Hanson mengaktifkan sebuah robot humanoid bernama Sophia. Robot tersebut dirancang menggunakan kecerdasan buatan, sehingga Sophia mampu berekspresi dan menjawab berbagai pertanyaan dengan gaya bicara yang sangat mirip dengan manusia. 

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh James Warner, manusia diprediksi akan memiliki relasi dengan kecerdasan buatan seperti Samantha dan Sophia di masa depan. Hanson bahkan mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu yang singkat, manusia akan menikah dengan mesin, serupa dengan Her (2013).  

Film Her (2013) yang memperoleh OSCAR 2014 kategori Naskah Asli Terbaik, seringkali menjadi kiblat dalam pembahasan masyarakat mengenai kehidupan manusia dengan AI. Ia menyajikan gambaran teknologi di masa depan yang mirip dengan manusia. Hampir seluruh orang ingin mengetahui kehadiran sebuah teknologi kecerdasan buatan yang semakin berkembang, yang biasanya hanya bisa disaksikan dalam film. Inilah mengapa Sophia lantas memiliki popularitas yang tinggi. 

Romantic Science Fiction yang Disajikan Her (2013) 

Seiring berkembangnya ilmu dalam bidang film, William (Costanzo, 2014) menjelaskan makna dari genre menjadi kontekstual sesuai dengan sudut pandang yang akan digunakan. Salah satunya adalah "kontrak" dengan penonton. "Kontrak" mengarah pada penonton yang memiliki ekspektasi atau mengharapkan pengalaman menonton film tertentu. 

Apabila kita melihat poster dan trailer Her (2013), terdapat dua genre yang diangkat Spike Jonze yakni romantis dan fiksi ilmiah atau yang lebih populer disebut science-fiction. Pada poster Her (2013), tepat di bawah judul, terdapat kalimat "A Spike Jonze Love Story". Tulisan ini memberikan indikasi bagi penonton bahwa Her (2013) akan bercerita seputar cinta atau romantisme. Sementara dari trailer, kita dapat menyaksikan bagaimana latar film tersebut adalah dunia modern masa depan (fiction) yang telah berkembang hingga pada tingkat manusia dapat berkomunikasi dengan komputer atau kecerdasan buatan dalam sistem operasi dengan sangat baik (science). 

Paradigma Fenomenologi yang Mengupas Perilaku Theodore  

Her (2013) menarik untuk dibahas melalui berbagai cara pandang atau paradigma. Salah satunya, fenomenologi. Paradigma fenomenologi memandang makna dari pengalaman hidup seseorang, terkait konsep atau fenomena tertentu (Creswell, 1998). Kita, sebagai individu yang aktif menginterpretasi dan memaknai pengalaman hidup, dipandang sebagai sebuah fenomena dalam paradigma ini. 

Film berdurasi sekitar 126 menit ini banyak menampilkan Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) dengan berbagai sisi dirinya dalam memaknai konsep kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence dalam Sistem Operasi (SO) miliknya. Perilaku Theodore dalam kesehariannya, merupakan sebuah fenomena yang terjadi karena pemaknaan dalam pengalamannya bersama Samantha, SO miliknya. 

Gambar 2. Keindahan pemandangan dari apartemen Theodore via impaward.com. 
Gambar 2. Keindahan pemandangan dari apartemen Theodore via impaward.com. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x