Mohon tunggu...
Damai Purba
Damai Purba Mohon Tunggu... Travel for another knowledge

Membuana dalam kata

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Ketika Hubungan Rusak karena Merasa "Dia Tidak Rendah Hati"

7 September 2019   11:41 Diperbarui: 7 September 2019   11:48 41 0 0 Mohon Tunggu...

The question is you or he/she that has not a humble personality?"

Kenapa harus seorang yang rendah hati?

satu-satunya perkara yang lebih buruk daripada menikahi seseorang yang tidak sempurna adalah menikahi seseorang yang tidak sempurna, tetapi berpikir bahwa dirinya sudah sempurna. Ketika anda dengan penuh kasih menasihati mereka, mereka langsung tersinggung. Atau, karena ketakutan bahwa mereka sudah tertangkap basah atau ketahuan melakukan kesalahan, mereka akan meremehkan persoalan itu dengan permainan konyol: " saya ini memang istri/suami yang buruk."

Ini adalah sepenggalan tulisan yang saya ambil dari buku "The Sacred Search" karya Gary Thomas. Saya ingin sedikit mengupas mungkin lebih tepatnya membagikan pengalaman yang saya dapat ketika membaca buku The Sacred Search ini, jujur ketika menuliskan tentang ini, saya belum selesai membaca keseluruhan isi dari buku ini, tapi sangking tidak sabarnya ingin membagikannya jadi saya memutuskan untuk menuliskan sepenggal cerita yang disajikan yang " menggoncang" saya dengan kata-kata sederhana tapi menusuk hati dan jantung saya. :D  

Sebenarnya, dari halaman pertama pembukaan buku ini, Gary Thomas sudah dengan lantang memberikan gambaran utuh tentang bagaimana seharusnya kita dalam mencari pasangan dan dan apa yang seringkali kita abaikan. Tapi untuk tau lebih jelas, saya sarankan segera membelinya di toko buku terdekat... heheheh ( saya tidak di bayar ya untuk ini!)

Well, Kerendahan hati adalah hal pertama yang disajikan oleh Gary Thomas dalam sub bab yang berjudul " Bagaimana membangun pernikahan", ketika saya membaca ini, saya memang sudah kagum dengan paparannya sama seperti paparan yang lain, tapi entah mengapa setelah 2 hari telah berlalu sejak membaca ini, saya seperti diajak kembali ke halaman ini dan terkagum-kagum dengan apa yang sepertinya sedang dibukakan kepada saya. 

Hal pertama adalah mengapa kerendahan hati di bahas yang pertama? saya tidak mau mengabaikan poin-poin lain yang juga sangat penting, namun waktu saya diajak kembali ke halaman ini pertanyaan  yang muncul di benak saya "kenapa rendah hati?"

Gary thomas memberikan definisi singkat dari rendah hati yaitu " Kerendahan hati bukanlah memikirkan kekurangan diri sendiri, melainkan memikirkan kerendahan  diri sendiri" artinya adalah seorang yang rendah hati adalah orang yang telah mengalami dan sedang mengalami kesadaran akan keberdosaan. Disini saya menangkap satu kata yaitu kesadaran. 

Ternyata problem nyata dari sikap rendah hati adalah kita tidak tahu bahkan sama sekali buta dengan sikap rendah hati yang seperti apa yang tidak kita miliki atau bahkan yang kita miliki. Karena pengujian dari sikap rendah hati ini bisa terlihat sangat bias. 

Katakan saja saya, saya sangat aktif berorganisasi semenjak saya duduk di bangku SMA hingga saat ini, ketika kami harus saling mengevaluasi diri satu dengan yang lain, saya selalu bangga dengan diri saya ketika teman-teman saya selalu mengatakan "saya tidak menemukan sesuatu yang perlu saya evaluasi tentang kamu, atau sejauh ini saya tidak pernah punya masalah apa-apa dengan mu, atau kamu itu baik orangnya atau pujian-pujian lain yang saya terima". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x