Mohon tunggu...
Dailymonthly
Dailymonthly Mohon Tunggu... Just Another Blog

Budayakan Membaca

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tips Terbaik: Apakah Anda Ingin Menjadi Penulis Freelance?

20 Maret 2019   04:28 Diperbarui: 20 Maret 2019   08:41 480 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Terbaik: Apakah Anda Ingin Menjadi Penulis Freelance?
Creative via Adobe Spark | Pixabay

Apakah Anda ingin menjadi penulis freelance

Mungkin Anda berharap mendapat tambahan penghasilan atau Anda ingin mencari pekerjaan yang cocok, bekerja di rumah bersama anak-anak Anda sepanjang hari. Atau mungkin Anda berharap untuk memulai karier baru.

Anda mungkin berpikir untuk menulis tentang apa saja dan segala sesuatu, dengan harapan Anda akan mendapatkan banyak job, tetapi kenyataannya adalah bahwa klien lebih suka penulis yang memiliki pengalaman sebelumnya dalam bidang tertentu.

Jadi, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan :

1. Anda harus mencari tahu apa yang ingin Anda tulis.

Anda akan lebih menikmati menjadi freelance writer jika Anda menulis tentang topik yang benar-benar Anda minati.  Saat mencari topik, ada baiknya Anda mempertimbangkan Kehidupan dan pengalaman pribadi Anda.

A. Misalkan Anda seorang Orang Tua yang mempunyai anak yang masih sekolah, Anda dapat menulis tentang kehamilan, bayi, balita, dll.  

B. Kehidupan profesional Anda, jika Anda bekerja di dunia teknik, Anda mungkin ingin mengkhususkan diri dalam penulisan teknis atau menulis untuk blog yang membahas topik teknis.

C. Hobi - misalkan, jika Anda suka musik, Anda bisa mencari materi tentang musik dan mulai menulis tentang perkembangan musik dll. Anda dapat beralih atau menambahkan topik lain saat melangkah ke depan tetapi Anda akan terbantu untuk memiliki beberapa gagasan tentang bidang-bidang yang ingin Anda fokuskan.


2. Sebelum Anda memulai mencari klien, Anda perlu beberapa pengalaman yaitu karya yang Anda terbitkan yang dapat Anda tunjukkan kepada calon klien sebagai contoh tulisan Anda

"Tetapi bagaimana Saya mendapatkan pengalaman ketika belum memiliki klien?"

Salah satu cara sederhana adalah menulis guest post di blog-blog besar. Ini adalah langkah yang baik karena postingan Anda akan online, sehingga sangat mudah untuk mengirim tautan ke calon klien Anda. Idealnya, Anda ingin menargetkan blog yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda tulis, sehingga Anda memiliki tulisan yang relevan.

Anda juga dapat membuat halaman "Portofolio" di situs web Anda (opsional)  jika Anda mempunyai website/blog. Jika tidak, Anda juga dapat menautkan link postingan Anda di profil profesional Anda (Linkedin) dll.

Sebagian besar guest post ditulis secara gratis (tidak dibayar), tapi saya pikir masuk akal untuk melakukannya ketika Anda baru memulai, cobalah menerbitkan 3 hingga 5 postingan.

Jika Anda ingin menulis untuk publikasi cetak/ majalah daripada blog atau situs web, maka Anda harus mencari cara untuk mendapatkan pengalaman dengan hasil cetak. Peluang yang bagus adalah buletin / selebaran, majalah lokal / instansi non profit, mereka mungkin tidak dapat membayar, tetapi mereka mungkin akan sangat bersedia untuk mempublikasikan karya Anda.

3. Mulailah Mencari klien

Saat Anda mulai mencari klien, Ingat jangan pernah tergiur dengan situs-situs web/portal  berita / situs konten creator untuk penulis yang menjanjikan pendapat besar. Mereka sering melempari Anda dengan omong kosong atau memberi tahu tentang berapa banyak penulis yang bisa mendapatkan penghasilan yang wow tapi kenyataannya adalah mereka membayar sangat murah. Mereka tidak mau membayar banyak, karena tujuan utama mereka adalah untuk mereka sendiri. Itu cara mereka untuk mendapatkan banyak konten dengan biaya yang murah.

"Di mana Saya harus mencari klien / pekerjaan penulis freelance ?"

Langkah awal adalah beri tahu keluarga, sanak saudara dan teman bahwa Anda seorang penulis freelance, dan beri tahu mereka jenis pekerjaan apa yang Anda cari. Karena Anda tidak pernah tahu mungkin salah satu teman / saudara mengetahui informasi tentang pekerjaan yang Anda cari.

Kedua, Anda juga bisa mengunjungi situs-situs microjob atau sejenisnya atau Anda terjun langsung ke lapangan dengan mendatangi kantor situs berita/ majalah.

Ketiga, targetkan klien lokal, mungkin dengan iklan di koran lokal atau dengan menghadiri acara jejaring bisnis kecil setempat. Tawarkan layanan yang berkaitan dengan passion Anda dan jika mereka tidak memiliki blog yang diperbarui secara reguler, hubungi mereka dengan menawarkan layanan penulisan Anda dan jelaskan manfaat konten segar ke situs web mereka. 

Anda juga dapat menawarkan layanan seperti membuat kampanye pemasaran email, menulis e-book, laporan atau mengedit situs web.

Untuk dapat menemukan klien pertama yang membayar Anda bisa terasa seperti rintangan besar tetapi begitu Anda menemukan satu klien, Anda akan menemukam lebih banyak lagi dan lagi. Percayalah. - Sukses selalu

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x