Mohon tunggu...
Dail Maruf
Dail Maruf Mohon Tunggu... Guru - Ketua Yayasan Semesta Alam Madani Kota Serang

Guru pembelajar, motivator, dan penulis buku dan artikel

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ciri Sekolah Hebat Bagus

23 November 2022   06:24 Diperbarui: 23 November 2022   07:26 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : sekolahkita.com

Mengelola Perlombaan Jadikan Sekolah Juara


Banyak orang tua murid bertanya apa sih yang menjadi ciri sekolah itu hebat?. Dari sekian ciri yang ada pada sekolah hebat, saya membuat ada 2 yang menjadi ciri utama sekolah hebat. Apa sajakah ciri tersebut?. Disamping ciri fisik misalnya sekolahnya tertata rapih, bersih, dan asri serta warga sekolahnya ramah ada yang bisa ditambahkan dan ini mudah kita buktikan sebagai ciri sekolah hebat.  

Ciri pertama muridnya banyak bahkan hingga menolak murid karena ruangan yang ada tak bisa menampung. Tidak banyak sekolah memiliki ciri macam ini, karena saat ini semakin banyak sekolah baru berdiri, baik sekolah Negeri atau milik pemerintah maupun sekolah swasta milik perorangan/ yayasan. Bahkan mayoritas cenderung kekurangan murid bahkan terancam tutup karena tidak mencapai kuota minimal murid di tiap rombongan belajar.

Menjadi Sekolah yang memiliki murid banyak, itu bukan hal mudah, karena orang tua tidak akan menitipkan anaknya untuk belajar di lembaga tersebut jika kualitasnya tidak bagus. Baik dari tenanga guru, kegiatan belajar, ekstra kulikuler, sarana prasarana dan pelayanan kepada murid dan orang tuanya. Sehingga sekolah yang muridnya banyak minimal point penilaian orang tua terhadap kepuasan sekolah tersebut baik, bahkan beberapa ada yang sangat baik.

Trust atau kepercaan orang tua tidak bisa dengan spanduk dan brosur sekolah, namun akan terjadi dengan alami setelah proses sekian lama. Kepuasan orang tua karena melihat perubahan sikap atau akhlak anaknya dari semula kurang disiplin, kurang semangat, kurang tanggung, jawab dan kurang percaya diri menjadi anak yang pintar, berani, displin, tanggung jawab dan percaya diri, akan membuat orang tua menjadi puas.

Efek dari kepuasan orang tua akan menimbulkan semangatnya untuk menceritakan sekolah anaknya kepada teman, keluarga dan tetangga. Sehingga akan menjadi iklan berjalan, dan yang mendapatkan cerita dari orang tua yang puas dengan capaian anaknya di sebuah sekolah, akan mencocokannya dengan anak dari ortu tersebut. Jika sesuai, maka tanpa ragu, ia akan membawa anaknya ke sekolah yang diceritakan ortu yang puas tersebut.

Orang tua yang bahkan apa yang diharapkannya dari anak malah melebihi ekspektasinya misal anaknya banyak meraih berbagai penghargaan baik akademik maupun non akademik serta akhlaknya mulia, jika ada adiknya pasti akan masuk ke sekolah bekas kakaknya. Jika makin banyak yang merasakan keuasan ini maka semakin banyak yang akan masuk ke sekolah tersebut. Bagimana dengan sekolah Bapak dan Ibu?

Ciri kedua dari sekolah bagus adalah Prestasinya banyak. Cara melihatnya bisa dengan mengunjungi sekolah bagus, biasanya akan terpajang banyak piala dan medali di ruang tamu atau di lobi ruang tunggu. Mulai dari jura harapan, juara 1, 2, 3 bahkan juara umum. Ada jura open house, juara kecamatan, juara kota, jura nasional, dan jura internasional.  Ada medali Emas, perak dan perunggu. Serta ada pajangan  foto anak yang meraih juara nasional dan internasional di 3 atau 5 tahun terakhir. Ini iklan juga, bagi ortu yang ingin anaknya banyak piala, akan kepikiran, moga saja anak saya sekolah disini akan dapat piala dan medali juga.

Saya bersaksi bahwa 12 tahun mengajar di Sd Islam Al Azhar 10  Serang, meski bangunan fisik masuk tipe C, namun dalam perhelatan lomba al Azhar se-Indonesia masuk papan atas atau tipe A, karena setiap ada lomba nasional sesame sekolah Al azhar langganan membawa piala juara 1 atau 2 matematika dan IPA. Bahkan 10 tahun berturut -- turut mewakili ke Nasional dan Internasional. Disamping mata lomba pelajaranlain yang tetap juara kadang juar 3 atau harapan. Penah beberapa kali jadi juara umum.

Di lomba Dinas pendidikan pun sama, SDI al azhar 10 serang selalu langganan juara 1 Matematika dan IPA hingga ke nasional dan Internasional, Pernah ke Hongkong, india dan China. Robotik menjadi juar utama se-Banten, Marawis, Pramuka, bahkan Adiwiyata. Ada 20 Eskul di SDI al Azhar 10 Serang yang bisa dipilih murid. Basketnya pun juara Nasioanal, Pidato bahasa Inggis dan tahfiz pun demikian.

Harga rupanya bukan kendala bagi ortu murid yang kaya, karena ada uang ada kualitas, demikian mungkin ulasan pagi ini. Namun saya keluar dan mendirikan sekolah berasama beberapa kawan pengusaha karena memang ide saya beberapa kali sulit dijalankan karena memang yayasan milik keluarga pengusaha akan menjadikan efesiansi anggaran sebagai pengendali atau pembatan mengadakan kegiatan untuk peningkatan prestasi murid. Mohon doa untuk sekolah saya Yayasan Semaesta Alam Madani Kota Serang.

           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun