Mohon tunggu...
DAIL MA RUF PTY
DAIL MA RUF PTY Mohon Tunggu... Guru - Guru Inspiratif Menginspirasi siapa saja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dail adalah guru di Yayasan Semesta Alam Madani yang diamanahkan sebagai Ketua YASALAM, sebelumnya pernah mengajar di SMP/MTs Nur El falah Kubang, di SDIT Al Izzah kota Serang dan di SD Al Azhar 10 Serang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

7 Juli 2022 Genap 70 Tahun Thamrin Dahlan

6 Juli 2022   05:28 Diperbarui: 6 Juli 2022   05:31 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alhamdulillah pada buku ini ada tulisanku tentang beliau dari 70 sahabat ayah TD yang memberikan ulasan apa, siapa, dan bagaimana Ayah TD di mata para sahabatnya. Mulai dari Dahlan Iskan yang sangat terkenal hingga aku seorang guru / ketua YASALAM di Kota Serang memberikan testimoni betapa peran beliau begitu besar dalam kembangkan literasi di negeri ini. 

Tak banyak yang tahu tentang diri kita selain sabahat dekat. Demikianlah kata pepatah Arab atau Mahfudzat yang mengatakan " anil mar'i Laa tas'al, was'al qorinuhu, fainnal qoorina anil mar'i yaqtadh.i"  Artinya jangan kau tanya tentang diri seseorang pada orang tersebut, tanyalah kawannya, karena seorang kawan akan sabgat hapal prilaku orang tersebut.  

Demikian pula sebagaian kita tak mengenal siapa Thamrin Dahlan, namun hari Kamis besok tanggal 7 Juli 2022 beliau akan menginjak usia 70 tahun. 

Tentu usia 70 tahun dengan kondisi Kesehatan yang prima  serta produktif  itulah yang lebih membahagiakan. Kami biasa sapa beliau Ayah TD, dalam kesehariannya beliau sangat bersemangat untuk terus mendorong para pegiat literasi terutama para pendidik se-Nusantara untuk terus berkarya dan menerbitkan buku.

Demikian pula pada Ultah ke-70 tahun ini buku solo beliau yang kelima puluh terbit dengan cover yang unik, estetik serta nyentrik.  Bukan hanya dari segi cover yang menarik, ditinjau dari isi bukunya pun memiliki daya Tarik yang luar biasa. 

Pada naskah pertama diisi goresan Pak Dahlan Iskan yang menggambarkan betapa sosok Ayah TD merupakan orang baik, konsisten dan tulus untuk menyapa pembaca Radar Riau dengan aneka pantunnya. Meski taka da yang memberikan komen atau menjawab pantun teus beliau kirim.

Pada hari berikut saat beliau menulis bukan pantun, ada yang komen mana Pantunnya TD?. Oh rupanya banyak juga yang kehilangan. Demikian sekelumit penggalan kisah Dahlan Iskan yang menggambarkan betapa sosok Ayah TD adalah orang yang tulus dalam berkarya. Pantun beliau misalnya seperti berikut:

17 PANTUN JUM'AT

Kreasi Thamrin Dahlan

Dikutip dari Buku Kumpulan Pantun (2019) Halaman 49

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun