Mohon tunggu...
Dahlia Silitonga
Dahlia Silitonga Mohon Tunggu... Guru - Senang belajar dan menulis

Anak pertama dari 4 bersaudara, sayang keluarga, senang jalan jalan, menulis dan bernyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kiat Cerdas Menjadi Guru Literat

17 Februari 2024   16:06 Diperbarui: 17 Februari 2024   16:16 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: dokumentasi pribadi

Hari ini Workshop literasi yang diadakan oleh Pengurus Besar PGRI mengangkat topik literasi digital. Kegiatan ini diadakan di SMAN 25 Jakarta Pusat, sebuah sekolah tata ruang hijau di tengah kota. Ada tiga narasumber yang kompeten di bidangnya yang menyampaikan materi secara terpisah.

Materi pertama menyampaikan literasi digital oleh pak Catur dari mulai definisi, dampak bermedia digital, era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity), dan poin tips cerdas berliterasi digital. Semua disampaikan secara gamblang termasuk sesi tanya jawab.

Materi tak kalah menariknya adalah kreatif dalam literasi digital yang disampaikan ibu Meynia. Berita Hoax, spam, bentuk-bentuk spam, cara mengatasi spam. Cermat membaca alamat situs, jangan hanya membaca judul dan memeriksa fakta menjadi tips menghindari membagikan berita hoaks khususnya menggunakan media Whatsapp. Tips tak kalah pentingnya adalah sharing mengunduh aplikasi getcontact guna menghindari penipuan by phone

Materi terakhir mengenai manfaat dan dampak bermedia sosial di dunia pendidikan juga disampaikan secara apik oleh ibu Endang. Mulai dari sejarah media sosial, karakteristik media sosial dan etika bermedia sosial.

Semoga sharing materi workshop literasi hari ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam literasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun