Mohon tunggu...
Dahlia Silitonga
Dahlia Silitonga Mohon Tunggu... Guru - Senang belajar dan menulis

Anak pertama dari 4 bersaudara, sayang keluarga, senang jalan jalan, menulis dan bernyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pesta Gotilon HKBP Serpong

29 Oktober 2023   20:08 Diperbarui: 29 Oktober 2023   20:15 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: dokumentasi pribadi

Perayaan pesta Gotilon hari ini berjalan lancar dan penuh sukacita. Pesta Gotilon yang dimulai dengan ibadah dan dilanjutkan dengan manortor serta door prize yang dilakukan di halaman parkir gereja bertenda putih. Berbagai hasil panen berupa buah pisang, salak, jeruk, singkong dll terlihat tertata rapi sebagai simbol pesta Gotilon.

Gotilon merupakan pesta panen raya tradisi masyarakat Batak Toba. Pesta Gotilon bertujuan menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan dengan mempersembahkan hasil panen terbaiknya. Umumnya perayaan Gotilon dilakukan di kampung-kampung. Namun, budaya pesta Gotilon juga dapat dilakukan di kota besar dengan mengganti hasil panen buah dan sayur dengan pendapatan yang diperoleh.

Salah satu budaya dalam pesta gotilon adalah manortor. Tarian tor-tor menjadi bagian dari perayaan gotilon dengan menggerakkan kedua tangan dan kaki mengikuti irama musik gondang batak. Manortor biasa dilakukan oleh pria maupun wanita, anak-anak bahkan lansia. Disinilah keunikan budaya Gotilon yang menyisipkan lagu dan tarian dalam perayaan hasil panen.

Dalam pesta gotilon terjadi interaksi, dan kebersamaan masyarakat. Gotilon menjadi pemersatu tujuan yang sama dengan latar belakang budaya homogen. Nilai-nilai luhur kebajikan seperti silahturahmi, dan bersyukur menjadi hal yang menarik yang terlihat nyata dalam perayaan Gotilon.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun