Mohon tunggu...
Dafit Zuhendra
Dafit Zuhendra Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Kegunaan Batu Bara yang Wajib Anda Ketahui

10 Agustus 2017   15:57 Diperbarui: 10 Agustus 2017   16:17 66491 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dulu, pelajaran ketika di sekolah dasar, kita dididik tentang sumber daya alam. Salah satu yang kita kenal adalah batubara. Meski Saya yakin kita tidak mendalami apa itu manfaat batubara, namun ternyata sumber daya yang berlimpah di Indonesia ini punya banyak manfaat yang secara langsung kita rasakan selama hidup lho.

Bahan bakar kereta api

Sekarang mungkin sudah sangat jarang kereta yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar. Tapi untuk generasi milenial sekarang, Anda wajib tahu bahwa batubara berperan besar dalam menggerakkan moda transportasi massal kereta api pada jaman dulu. Alasan penggunaan batubara adalah karena harganya yang relatif murah dan hemat dalam pembakaran.

Sebagai pembangkit listrik

Bagi sobat-sobat yang tinggal di sekitar danau atau bendungan tentu lebih mengenal nama PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Namun ternyata pembangkit listrik itu banyak macamnya, salah satunya adalah batubara ini. Berhubung batubara di Indonesia sangat melimpah, dan pasokan listrik di sini masih belum memenuhi kebutuhan penduduk di beberapa daerah pelosok, maka sudah menjadi keharusan kita mendukung pembangkit-pembangkit listrik yang menggunakan batubara sebagai bahan bakunya. Hal ini semata-mata agar setiap daerah di Indonesia bisa merasakan listrik yang merata.

Penghasil produk gas

Hmhm bagaimana bisa ya batubara menghasilkan produk baru berupa gas? Patut diketahui ternyata batubara memang menghasilkan gas secara langsung. Dengan sebuah tekonologi canggih, gas yang dihasilkan batubara tersebut disedot dan diolah lagi menjadi bahan bakar dan produk gas hidrogen dan solar.

Bahan pembuat pupuk

Bagi Anda-Anda yang berprofesi sebagai petani atau punya keluarga seorang petani, sepertinya patut memberikan informasi berikut ini. Sisa pembakaran dari batubara bisa diolah menjadi pupuk pertanian yang menyuburkan tanaman.

Bahan pembuat plastik

Plastik merupakan benda yang selalu bersentuhan dengan kita sehari-hari. Hampir semua kebutuhan kita menggunakan plastik. Tapi tahukah Anda? Ternyata batubara memiliki peran penting dalam produksi plastik. Batubara menjadi bahan khusus yang berguna untuk proses pembakaran beberapa komponen biji plastik. Bahan bakar dari dinilai sangat baik untuk mendukung plastik yang berkualitas baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan