Mohon tunggu...
Daffa Hasan Fikri
Daffa Hasan Fikri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Menyukai konten-konten otomotif, seperti motor. Selain otomotif, saya juga menyukai hal-hal yang berbau gadget dan teknologi

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perbedaan Penggunaan Transportasi Darat di Indonesia dan di Prancis

8 Juni 2022   18:00 Diperbarui: 8 Juni 2022   18:06 127 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Transportasi merupakan kegiatan mengangkut maupun memindahkan sesuatu atau manusia dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Fungsi dari transportasi tidak jauh-jauh dari pengertiannya, yaitu untuk membantu memudahkan perpindahan arus manusia dan barang ke berbagai wilayah dan mampu menunjang perkembangan pembangunan. Jenis dari transportasi ada tiga macam, salah satunya adalah transportasi darat. Transportasi darat menjadi jenis yang paling sering digunakan setiap hari oleh masyarakat. Transportasi darat yang sering digunakan adalah motor, mobil, dan bus.

Di Indonesia, transportasi darat yang sering dijumpai adalah motor dan mobil. Kedua jenis kendaraan tersebut termasuk kedalam transportasi darat pribadi. Berdasarkan data dari BADAN Pusat Statistik, perkembangan jumlah kendaraan bermotor menurut jenis (Unit) pada tahun 2020, jumlah sepeda motor mencapai 115,023,039 dan untuk mobil penumpang sebesar 15,797,746. Dilihat dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia berjumlah banyak dan masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada menggunakan kendaraan darat umum. Dampak dari hal tersebut adalah kemacetan di beberapa daerah dan menyebabkan polusi udara dari asap knalpot kendaraan.

Pengunaan transportasi pribadi di Indonesia itu, ternyata berbanding terbalik dengan penggunaan transportasi darat di negara yang dijuluki kota cinta, yaitu Prancis. Kebetulan saya pernah tinggal selama dua tahun di Prancis, lebih tepatnya di Kota Toulouse yang terletak di barat daya Prancis di tepi sungan Garonne. Sesuai dengan pengamatan dan pengalaman saya, masyarakat disana lebih memilih menggunakan transportasi umum berupa bus dan tram. Selain bus dan tram, masyarakat disana juga lebih sering berjalan kaki untuk bepergian dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Berbeda dengan di Indonesia, misalnya ingin pergi ke warung, masyarakat lebih senang menggunakan sepeda motor. Ini merupakan perbedaan yang sangat mencolok tentang transportasi ketika sedang bepergian keluar negeri.

Perbedaan penggunaan transportasi darat antara di Indonesia dan di Prancis ini diharapkan dapat membuat masyarakat mulai memilih transportasi umum, seperti bus untuk mengurangi kemacetan. Dampak penggunaan kendaraan yang begitu banyak tidak hanya tentang kemacetan, tetapi juga tentang pencemaran udara atau polusi udara akibat dari asap knalpot kendaraan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan