Mohon tunggu...
Daffa Haiqalnf
Daffa Haiqalnf Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

I belive Media Is Art

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

3 Hal Dimensi dalam Komunikasi untuk Karier Dunia Kerja

8 Juli 2021   15:00 Diperbarui: 8 Juli 2021   15:29 88 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Hal Dimensi dalam Komunikasi untuk Karier Dunia Kerja
Communication Sumber: ResearchGate

Ketika bekerja hal paling penting harus diperhatikan adalah tentang berkomunikasi, kita mengambil alih suatu perusahaan dan menjalankan aspek-aspek penting didalamnya untuk itu salah satu keahlian yang harus kita kuasai adalah berkomunikasi. 

Bagaimana cara kita mengutarakan pendapat saat rapat, berbicara didepan pemimpin atau teman sekalipun komunikasi tidak lepas dari kegiatan aktivitas kita. Jika ada permasalahan dalam bekerja, mungkin yang pertama kali kita bisa ketahui adalah miskomunikasi. 

Dengan menganggap penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan hanyalah pesan biasa, sehingga di dalam bekerja hal itu harus sangat kita hindari maka dari itu adanya komunikasi harus benar-benar kita pahami pendekatan berpikir atau cara pandang seseorang dalam berinteraksi dengan kita.

Selanjutnya tentang objektif atau subjektif pesan yang disampaikan seseorang kepada kita, selebihnya kita harus mengetahui tentang hal tersebut dikarenakan pesan sepele pun dalam bekerja itu bisa menjadi informasi untuk kita, dengan objektif kita bisa mengetahui yang dibicarakan adalah orang-orang, hubungan, atau tujuan.

Tak lain dari subjektif sendiri kegiatan atau tindakan yang melibatkan orang-orang dalam berinteraksi dengan kita, dengan begitu permasalahan dalam komunikasi bisa diminimalisir dan pekerjaan pun bisa terlaksana dengan lancar.

Berikut tiga cara penyampaian komunikasi dalam bekerja.

Komunikasi Vertikal 

Komunikasi ini dilakukan saat kita mengetahui perintah atau instruksi, saran atau informasi yang dilakukan oleh pemimpin yang lebih atas. menurut buku Komunikasi Bisnis ada komunikasi dua arah, dari atas kebawah (downward communication) dan komunikasi dari bawah ke atas (upward communication). 

Ada komunikasi secara timbal balik tersebut sangat penting dalam organisasi atau tempat kita bekerja karena jika komunikasi dilakukan hanya dengan satu arah. Tidak berjalannya roda organisasi dengan baik, alasan yang harus kita ketahui adalah pimpinan perlu mengetahui laporan, tanggapan atau saran dari anggotanya. 

Sehingga bila berjalan suatu keputusan atau kebijaksanaan dapat diambil dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan Klik , menjadi sangat penting dan mengetahui cara penyampaian komunikasi kepada atasan jika ada tugas seperti laporan atau penyelesaian tugas yang sudah dikerjakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x