Mohon tunggu...
Daffa2425
Daffa2425 Mohon Tunggu... Siswa Kelas 9

Kelas 9 di SMP Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Karya Tulis Ilmiah

16 Mei 2019   09:16 Diperbarui: 16 Mei 2019   09:50 0 1 1 Mohon Tunggu...

BAB I

PENDAHULUAN

  •  

1.1       Latar Belakang 

             Transportasi umum adalah sebuah hal yang digunakan untuk mengangkut banyak penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya. Transportasi umum juga digunakan sebagai lapangan kerja untuk mensejahterakan masyarakat maupun perusahaan. Hal ini terbukti dengan adanya banyak penduduk di kota-kota besar yang membutuhan transportasi tanpa membutuhkan waktu yang lama, tidak efektif, dan tidak efisien, serta tidak praktis.

  • Seiring dengan perkembangan zaman modern yang lebih cepat dan lebih maju, masyarakat membutuhkan berbagai sarana dan prasarana dalam meningkatkan taraf kehidupannya. Sarana dan prasarana tersebut diikuti dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menunjang semua aktifitas masyarakat yang lebih praktis, efisien, dan efektif.

  • Contoh sarana dan prasarana yang menunjang aktivitas masyarakat tersebut adalah transportasi dan komunikasi. Sarana transportasi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya dapat melalui ditempuh melalui jalur darat, udara, dan laut. Sarana komunikasi untuk berhubungan secara sosial satu sama lain.

  • Di era modern ini, manusia lebih kreatif dan lebih cerdas, sehingga menimbulkan inovasi dalam menciptakan bisnis baru, khususnya di bidang transportasi. Hal ini disebabkan karena manusia membutuhkan transportasi yang lebih cepat, nyaman, aman, akurat, praktis, efektif, dan efisien. Di kota-kota besar dengan penduduk yang sangat padat seperti Jakarta, Medan, Makasar dan kota-kota besar lainnya kemacetan sering terjadi karena masyarakat banyak menggunakan kendaraan pribadi, yang lebih privasi, aman, dan nyaman. 

  • Namun dibalik itu, jika terlalu banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat menyebabkan peningkatan kemacetan yang tak terhingga maka sering terjadi kecelakaan yang fatal, karena sempitnya jalanan dan jumlah kendaraan pribadi yang tak sebanding. Untuk mengatasi kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi yang terlalu banyak, dibutuhkan transportasi yang memadai, sayangnya transportasi yang tersedia masih belum mengakomodasi kebutuhan transportasi masyarakat yang nyaman, aman dan waktu yang relatif cepat untuk sampai tujuan.

  • Di era modern ini, manusia tidak hanya berpikir untuk menciptakan transportasi umum. Namun, manusia harus berpikir menciptakan transportasi umum dengan hal-hal yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakatnya. Masyarakat saat ini memiliki waktu yang padat sehingga tidak dimungkinkan masyarakat membutuhkan transportasi umum biasa. Masyarakat juga tidak dimungkinkan untuk membeli transportasi pribadi, karena akan menimbulkan kemacetan yang selalu terjadi dimana saja. Masyarakat membutuhkan transportasi yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, Masyarakat harus memiliki hak kepuasan terhadap transportasi umum yang disediakan oleh wilayah tersebut. sehingga salah satu perusahaan transportasi online harus mampu menunjang kebutuhan masyarakat.
  •            Oleh karena itu, masyarakat membutuhkan transportasi yang lebih cepat. akurat, efektif, dan efisien. Perusahaan transportasi online harus memberikan pelayanan terbaik mereka untuk masyarakat, sehingga masyarakat lebih antusias menggunakan pelayanan transportasi online.  Perusahaan itu harus menjaga nama baik perusahaan mereka terhadap masyarakat, sehingga masyarakat memberikan hal positif terhadap perusahaan tersebut.
  •            Di masa milenial ini, kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya telah memfasilitasi adanya transportasi online, yaitu GO-JEK dan GRAB. GO-JEK dan GRAB merupakan transportasi online yang berbentuk ojek online dan taksi online. GO-JEK dan GRAB juga memberikan jasa berupa Food Delivery yaitu GO-FOOD dan GRAB FOOD. Sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.
  •            Bedasarkan hasil rincian yang di atas, penulis akan membahas hubungan masyarakat dengan transportasi online.

1.2       Rumusan Masalah

  • Apa itu transportasi online?
  • Apa manfaat dari adanya GO-JEK?
  • Bagaimana pandangan masyarakat terhadap GO-JEK?
  • Bagaimana tingkat kepuasan pengguna GO-JEK terhadap aplikasi?
  • Bagaimana tingkat kepuasan pengguna GO-JEK terhadap driver?
  • Bagaimana pendapat pengguna terhadap GO-JEK?

1.3       Batasan Masalah

            Pada pembahasan Karya tulis ini, penulis hanya membatasi pengaruh adanya transportasi online kepada masyarakat.

 

1.4       Tujuan Penelitian  

  • Untuk mengetahui manfaat dari GO-JEK
  • Untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap GO-JEK
  • Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna GO-JEK terhadap                aplikasi
  • Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna GO-JEK terhadap driver
  • Untuk mengetahui pendapat pengguna terhadap GO-JEK

1.5       Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dengan melakukan studi pustaka yaitu membaca buku dan mencari sumber dari internet. Selain itu, penulis juga membuat kusioner kepada masyarakat melalui Google Form. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan survei yang berupa kuisioner secara online. Kuisioner adalah sebuah alat pengumpulan data yang nantinya data tersebut akan diolah untuk menghasilkan informasi tertentu (Umar,2003:101). Pemilihan metode ini dikarenakan untuk memudahkan pengambilan sampel pengguna aplikasi GO-JEK. Sampel dalam karya tulis ini adalah pengguna aplikasi GO-JEK terutama GO-Ride dan GO-Car, yang berumur dibawah 17 tahun sampai diatas 40 tahun dan berdomisili di JaBoDeTaBek dan Bandung. Sampel diambil secara acak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7