Mohon tunggu...
Dafa Aditya Dwi Putra Sumual
Dafa Aditya Dwi Putra Sumual Mohon Tunggu... penjemput ilmu

Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Revolusi Industri 4.0 terhadap Pola Perilaku dan Mata Pencaharian Masyarakat Indonesia

28 Mei 2019   01:55 Diperbarui: 28 Mei 2019   02:04 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Revolusi Industri 4.0 terhadap Pola Perilaku dan Mata Pencaharian Masyarakat Indonesia
sumber:  dictio.id

Revolusi industri 4.0 - Perkembangan dunia industri terus bergelora dengan diikuti juga perkembangan berbagai sektor kehidupan, seperti sosial, politik dan ekonomi. Dalam setiap perkembangan dunia industri, banyak perubahan di mulai sejak keberadaan manusia yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan industri, lalu ditemukannya mesin uap untuk menggantikan setengah dari tenaga manusia yang ada, hingga kegiatan industrialisasi berbasis mesin, dan sekarang dunia industri mengalami perubahan dengan memanfaatkan internet sebagai pola baru dalam mengelola dunia industri, ini didasari dengan banyaknya penemuan teknologi yang dapat menjadi 'otak' dalam mengatur sebuah mesin, seperti Artificial Intellegent (AI), Internet of Things (IoT), dll.

Sejak Revolusi Industri 4.0 digaungkan dan diterapkan oleh hampir setiap negara, teknologi juga menjadi modal penting dalam menjalankan revolusi industri tersebut. Teknologi terus berkembang, sehingga manusia ikut menyesuaikan dengan perkembangan tersebut, seperti yang kita ketahui banyak dari hasil perkembangan teknologi yang tercipta sudah ada di sekeliling kita dan menjadi alat yang mempermudah kehidupan manusia, contoh yang paling kita rasakan ialah berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi yang mana internet dan smartphone yang saling terhubung untuk memudahkan seseorang dalam berhubungan dengan dunia luar.

Perkembangan teknologi memiliki dampak yang cukup signifikan dalam mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Dilihat pada perkembangan teknologi komunikasi yang paling melekat dengan kehidupan masyarakat, ada beberapa dampak yang secara nyata seperti: Perubahan sistem nilai dan norma. 

Dalam perubahan ini terdapat hal positif dimana teknologi dapat mendukung kehidupan manusia, akan tetapi apabila teknologi tersebut bila disalahgunakan akan berdampak negatif kepada penggunanya; Menciptakan ketergantungan. Teknologi terkadang menciptakan ketergantungan, ini dikarenakan teknologi menghadirkan sebuah kemudahan dan kemewahan yang dapat membuat penggunanya terlena dan ini membuat pengguna sulit untuk menghindari ataupun mengurangi ketergantungan tersebut; Menciptakan kolonialisme. Kesenjangan dalam mengonsumsi informasi akan terjadi, ini dikarenakan masyarakat tertentu akan sering mengonsumsi informasi dari negara yang Rich Information (maju), maksudnya yaitu penjajahan melalui arus informasi.

Dampak yang terjadi membuat pola perilaku pengguna juga ikut berubah, seperti Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material dan sehingga tidak terpenuhnya kebutuhan rohani; Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. 

Sehingga muncul ketimpangan perilaku sosial di kalangan masyarakat; Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. 

Bagaimana dampak perkembangan teknologi komunikasi pada mata pencaharian masyarakat?

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (KEMENAKER), Khairul Anwar yang dikutip dalam liputan6.com. tantangan yang dihadapi pada perkembangan teknologi ini menyebabkan perubahan pola bekerja sehingga terciptanya Part Time 4.0, dimana Part Time 4.0 ini kondisi kerja dengan satu orang memungkinkan memiliki lebih dari satu mata pencaharian. Teknologi juga menyebabkan batasan ruang lingkup kerja semakin samar dan pekerja-pekerja kontrak bebas tumbuh pesat. Selain itu dengan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi dan semakin banyaknya pekerjaan-pekerjaan repetitif yang bisa digantikan mesin atau robot. Lalu tantangan transformasi masyarakat (society transformation). Dampaknya terhadap masyarakat, ketimpangan kompetensi dan pendapatan antara individu yang memiliki akses komputer dan internet akan semakin terasa di era Revolusi Industri 4.0 ini.

Teknologi komunikasi telah berkembang setiap tahunnya dibuktikan dengan banyak ditemukannya inovasi-inovasi yang membuat teknologi tersebut dapat digunakan dengan mudah dan berbiaya murah. Dengan kemudahan yang ada membuat para pengguna teknologi tersebut dimanfaatkan dalam kegiatan mencari pendapatan, sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupannya. E-commerce menjadi bukti pemanfaat teknologi komunikasi dan internet dapat menghasilkan pendapatan bagi yang menjalankannya.

Kesimpulannya ialah, perkembangan teknologi komunikasi harus diselaraskan dengan peningkatan pengetahuan akan manfaat dan keburukan dalam menggunakannya, sehingga dapat menciptakan kondisi dimana pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan pendapatan yang dapat meningkatkan taraf kehidupannya yang baik dimasa yang akan datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN