Mohon tunggu...
Daafiq Dahdal Rabbani
Daafiq Dahdal Rabbani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI 2018

Akun ini ditujukan untuk melengkapi tugas KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI: Menanamkan Kebiasaan Kegiatan Literasi Sejak Dini

26 September 2021   02:30 Diperbarui: 26 September 2021   06:26 80 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI: Menanamkan Kebiasaan Kegiatan Literasi Sejak Dini
Dok. Pribadi

Kerja Kuliah Nyata atau yang biasa disebut KKN merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia setiap tahunnya, pada tahun ini, kegiatan KKN mengangkat tema “Literasi”, tema tersebut diusungkan sebagai respon Universitas Pendidikan Indonesia terhadap rendahnya tingkat literasi di negara Indonesia.

Menurut skor PISA (Programme for International Student Assesment) terkait tingkat literasi, Indonesia menduduki peringkat 62 dari 70 negara yang diuji, literasi yang dimaksud merupakan literasi membaca, matematika, maupun sains. Hal tersebut sangat meprihatinkan terlebih sekarang seluruh dunia sudah memasuki era digitalsasi dimana kemampuan literasi sangat diperlukan untuk dapat bertahan di era digital ini.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi nasional yang rekat dengan aspek pendidikan tentu saja memiliki peran penting untuk menanggulangi masalah literasi ini, Universitas Pendidikan Indonesia mewajibkan mahasiswanya untuk terjun langsung kepada masyarakat dengan tujuan mengingkatkan kembali seberapa pentingnya literasi, agar bisa tetap bertahan di era digital ini.

Seperti yang dilakukan oleh sekumpulan mahasiswa UPI yang berdomisili di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kelompok tersebut beranggotakan lima orang yang terdiri dari, Daffa Fauzy Septiana, Daafiq Dahdal Rabbani, Eva Latief, dan Iqbal Solihin. Mereka mengadakan program literasi kepada usia dini, khususnya kepada siswa-siswa TK Al-Hikmah yang berlokasi di Desa Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Pentingnya literasi di usia dini, melatar belakangi program KKN yang mereka terapkan kepada siswa di TK Al-Hikmah yeng berjumlah 30 orang, kegiatan-kegiatan pada program tersebut berfokus kepada kebiasaan baca dan tulis, kegiatan yang dilakukan anatara lain adalah belajar membaca dan menulis huruf-huruf hijaiyah dan abjad alfabet, mengenal tanggal, bulan, dan tahun, bercerita tentang keseharian, serta kegiatan yang berhubungan tentang literasi lainnya. Selain melaksanakan program KKN literasi, sekelompok mahasiswa tersebut juga mendampingi guru ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Kegiatan pelaksanaan program KKN serta proses belajar mengajar dilakukan secara daring, mengingat situasi pandemi Covid-19 masih belum juga reda, namun ada beberapa kegiatan yang dilakukan secara luring karena melibatkan praktek langsung, seperti praktek sholat shubuh, namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan.

Tidak sampai disitu, sekelompok mahasiswa UPI yang berdomisili di Lembang tersebut mengadakan sosialisasi kepada orang tua siswa, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sosialisasi yang dilaksanakan mengusung tema pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan literasi padaa saat usia dini, dan juga membahas tentang bahayanya hoaks bagi masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan