Dana Kristianto
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika dan IPA
Universitas Indraprasta PGRI
ABSTRAK: Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peranan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara kajian pustaka. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa membutuhkan beberapa cara yaitu: memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kendala dalam belajar matematika, memberikan pengalaman belajar matematika yang menyenangkan, dan menjelaskan kepada siswa manfaat belajar matematika.
KATA KUNCI: Motivasi Siswa Pembelajaran Matematika.
Â
Pendahuluan
Pendidikan dizaman yang serba canggih ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Karena tanpa pendidikan seseorang tidak bisa menjadi apa-apa. Namun dewasa ini kebanyakan siswa malas untuk belajar karena kurangnya motivasi belajar. Ditambah dengan perkembangan zaman yang sangat pesat dan canggih. Sehingga siswa sibuk untuk mengikuti perkembangan zaman, tetapi mereka lupa kewajiban utama mereka yaitu belajar.
      Faktanya semakin maju perkembangan teknologi,semakin turun motivasi siswa untuk belajar. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari lingkungan, pergaulan, serta teknologi yang semakin modern. Siswa seringkali lupa bahwa belajar itu sangat penting.
      Pelajaran matematika merupakan pelajaran wajib disetiap jenjang pendidikan. Namun kerap kali pelajaran matematika menjadi yang paling membosankan dan menjenuhkan, yang menjadikan siswa malas dan tidak mau belajar matematika, juga menjadi pelajaran yang tidak disenangi. Hal tersebut berdampak pada keberhasilan belajar matematika. Sehingga dalam belajar matematika harus ada motivasi sehingga memacu semangat siswa dalam belajar matematika.
      Terlebih sikap siswa ketika belajar matematika yang terkadang malas dan tidak memperhatikan selama proses belajar matematika berlangsung. Karena mereka beranggapan matematika hanya selalu mengenai rumus tanpa ada aplikasinya dalam kehidupan sehari- hari. Ini yang membuat siswa sama sekali tidak memiliki motivasi belajar. Persoalannya, bagaimana guru membantu menumbuhkan motivasi belajar dalam diri setiap siswa.