Mohon tunggu...
winda gavrila
winda gavrila Mohon Tunggu... Jurnalistik Desa

Seputar informasi mengenai desa Cugung Lalang, kecamatan Ujan Mas, Kepahiang

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Cugung Lalang Miliki Hasil Kebun Menjanjikan

24 Juli 2019   20:33 Diperbarui: 24 Juli 2019   20:35 16 0 0 Mohon Tunggu...

Cugung Lalang- Cugung Lalang merupakan desa kecil yang menjadi bagian dari Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang ini memiliki hasil perkebunan yang cukup menjanjikan walaupun sebagian tanahnya sudah menjadi hak milik desa Bumi Sari. Sabtu (20/07/2019).

Ibu Indah warga Cugung Lalang yang memiliki pekerjaan utama sebagai petani sayuran. Ibu Indah memilih tanaman yang tidak semusim sebagai penghasilan utamanya. Sayuran tersebut adalah timun dan terong. Ibu Indah sendiri memiliki tanah sekitar kurang lebih 2 hektar. Dari bertani ini, ibu Indah dapat menghasilkan 1,5 juta hanya dari timun saja yang dipanen 2 hari sekali.

Setiap 2 hari sekali, ibu Indah akan pergi kekebun mengecek tanaman serta memanen. Walaupun memiliki kebun yang cukup jauh dari pemukiman dan harus berjalan kaki, namun hal itu tidak menjadi masalah besar bagi ibu Indah.

Ibu 2 orang anak ini mengaku sudah biasa dan mengaku menyukai pekerjaannya ini. Saat ditanya keuntungan dan kerugiannya ibu Indah mengatakan saat hasil panen langsung laku terjual sedangkan kerugiannya adalah karna  ada tanaman yang setengah gagal atau bahkan gagal seluruhya.

"Yaa itu, kalau baru panen kan seneng ya, langsung dapat hasilnya, ruginya itu kadang kalau hasil panen gagal, malah kadang gagal seluruhnya, tapi ya itu sudah jadi resiko ya" kata Ibu berusia 43 tahun itu seraya memetik timun.

VIDEO PILIHAN