Mohon tunggu...
Cucu Ropiatul Khoiriyah
Cucu Ropiatul Khoiriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI 2018

Selamat membaca artikel yang saya buat, semoga bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKNT Literasi UPI 2021: Upaya Nyata Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini di TK Nurdzakky

26 September 2021   10:41 Diperbarui: 26 September 2021   10:44 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumen Pribadi

Setelah lebih dari satu setengah tahun semenjak Indonesia mengonfirmasi kasus COVID-19 pertamanya pada tanggal 2 Maret 2020, kini angka penambahan kasus COVID-19 Indonesia masih ada pada posisi yang cukup tinggi diantara negara-negara lain di dunia.  Dilansir dari Tribunnews.com pada 23 september 2021 pukul 17:53 WIB, Indonesia menempati posisi kedelapan negara dengan penambahan kasus COVID-19 terbanyak. Hal ini tentu saja berpengaruh besar terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal pendidikan. 

Dimana karena adanya fenomena ini, penyelenggaraan pendidikan formal di sekolah mengalami perubahan bentuk yang cukup drastis, dari pembelajaran langsung di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang mana bentuknya merupakan pembelajaran dalam jaringan (online) di rumah. Pembelajaran online sebagai salah satu efek nyata dari adanya pandemi virus corona ini terjadi di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan tinggi di universitas bahkan sampai ke jenjang pendidikan dini seperti di taman kanak-kanak (TK).

Taman kanak-kanak sebagai lembaga pendidikan formal sebelum anak memasuki sekolah dasar, menurut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0486/U/92 memiliki tujuan untuk membantu membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak, pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut tentu membutuhkan usaha yang sangat maksimal dari para pendidik di Taman Kanak-Kanak. 

Namun di masa pandemi ini, penyelenggaraan pendidikan di TK juga dilaksanakan secara online. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK sebagai hal yang baru ini, sudah barang tentu memiliki berbagai tantangan tersendiri. Baik bagi guru, siswa maupun orang tua. Sebagaimana yang terjadi di TK Nurdzakky Desa Padaasih, latar belakang pekerjaan orang tua yang berbeda-beda membuat mereka kesulitan untuk mengontrol kegiatan pembelajaran anak-anaknya di rumah. Guru sebagai pihak yang memiliki peran utama dalam pembelajaran juga memiliki kesulitan terkait teknis, bahan ajar dan media pembelajaran serta anak-anak yang masih belum tertarik terhadap kegiatan literasi baik literasi baca tulis, numerasi maupun sains.

Hal inilah yang mendorong Cucu Ropiatul Khoiriyah, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tengah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Literasi UPI 2021, untuk melakukan beberapa program kegiatan yang berisi upaya-upaya untuk menumbuhkan budaya literasi anak usia dini di TK Nurdzakky Desa Padaasih. Dengan sasaran program adalah siswa-siswi, para orang tua serta dua guru kelas Tulip TK Nurdzakky Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

Cucu melaksanakan kegiatan KKN ini selama kurang lebih satu bulan. Adapun program yang dilaksanakan berkaitan dengan berbagai masalah diatas adalah yang pertama mengadakan pendampingan kepada orang tua berkaitan dengan peran orang tua dalam menumbuhkan budaya literasi anak usia dini. Hal ini dilakukan dengan membuat video pendampingan orang tua yang kemudian diunggah ke youtube dan linknya dibagikan kepada orang tua, selain itu Cucu juga membuat video terkait tips-tips untuk orang tua agar bisa menumbuhkan literasi pada anak mulai dari cara yang sederhana. Serta pendampingan ini bertujuan agar orang tua bisa berkoordinasi dengan pihak sekolah dalam mewujudkan keberhasilan belajar anak.

Program selanjutnya adalah berkaitan dengan  kendala yang dihadapi siswa, Cucu mengadakan program pendampingan siswa juga melalui pembuatan video dan poster pembelajaran sederhana dengan animasi yang menarik, dimana hal ini diharapkan mampu membuat siswa-siswi sebagai sasaran program tertarik. Kemudian, di setiap video pembelajaran yang dibuat pada akhir setiap video diajukan beberapa pertanyaan yang diharapkan mampu meningkatkan minat siswa-siswi dalam belajar. Mengingat siswa-siswi yang masih ada pada rentang usia 3-5 tahun, program pendampingan ini juga masih sangat membutuhkan bantuan orang tua secara langsung.

Dan yang terakhir adalah program yang diharapkan dapat membantu permasalahan yang dihadapi guru. Cucu mengadakan penguatan pembelajaran online terkait penggunaan Aplikasi Google Classroom dan juga situs Rumah Belajar dari Kemendikbud. Serta membantu membuat media pembelajaran berupa poster-poster edukatif serta pemberian bahan bacaan, alat peraga sains dan juga mainan edukatif sebagai upaya membantu menumbuhkan budaya literasi pada anak usia dini.

Kegiatan KKN Tematik Literasi UPI 2021 di TK Nurdzakky Desa Padaasih ini mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, khususnya dari sasaran utama program yaitu guru, siswa, dan orang tua siswa. Dilihat dari respons Bunda Fira, sebagai salah satu guru disana yakni sangat berterima kasih atas adanya program ini, “Jazakumullah bunda sudah membantu, jangan lupa main-main kesini lagi ya nanti. Anak-anak pada nanyain bunda mau belajar bareng lagi” pesan darinya memalui Whatsapp. Respons serupa juga diungkapkan oleh orang tua siswa Isma, “hatur nuhunnya bunda atas semua info dantipsnya, sangat bermanfaat”. Dengan ini diharapkan budaya literasi pada anak usia dini, khususnya siswa-siswi kelas Tulip TK Nurdzakky Desa Padaasih dapat terus bertumbuh dan mengantarkan mereka ke depan pintu masa depan yang lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun