Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

QRku BCA, Memungkinkan Transfer Uang Tinggal "Cekrek"

22 Mei 2019   23:03 Diperbarui: 22 Mei 2019   23:22 0 3 3 Mohon Tunggu...
QRku BCA, Memungkinkan Transfer Uang Tinggal "Cekrek"
QR code. | Dokumentasi fintekmedia.id

Memberi hantaran lebaran kepada orangtua/mertua seperti kewajiban yang tak tertulis. Untuk orangtua dan mertua laki-laki, kita biasanya membelikan baju koko, sarung, sajadah dan songkok. Sementara untuk orangtua dan mertua perempuan kita belikan gamis, sajadah, telekung, dan selop.

Tak hanya itu, kita juga kerap memberikan kue dan minuman kemasan untuk lebaran. Ada beberapa kue kering, biskuit, dan minuman kaleng yang dikemas sedemikian rupa. Biasanya hantaran tersebut diberikan seminggu sebelum hari raya tiba. Tujuannya agar saat hari raya, pakaian dan kue yang kita kirim bisa dipakai dan dinikmati oleh orangtua/mertua.

Bagi yang merantau --dan tidak (bisa) mudik saat lebaran, umumnya memberi "hantaran" berupa uang. Uang tersebut ditransfer melalui bank beberapa hari sebelum hari raya tiba. Bagi yang tinggal berbeda kota, memang lebih praktis mentransfer uang sebagai bentuk rasa sayang kepada orangtua/mertua, dibanding mempaketkan barang keperluan lebaran.

Selain mahal di ongkos kirim, mengirim barang menjelang lebaran juga penuh risiko. Khawatir barang yang seharusnya "dipamerkan" saat lebaran, tidak terkirim sesuai jadwal. Molor. Alhasil, barang yang sudah dibelikan dengan penuh cinta tidak dapat digunakan sesuai harapan.

Terlebih sekarang mentransfer uang juga menjadi lebih mudah sejak PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan Qrku pada akhir 2018 lalu. Tinggal "cekrek", uang bisa terkirim. Tidak perlu ribet lagi mengingat nomor rekening. Tidak harus lagi berkali-kali memelototi deretan angka karena takut salah kirim uang ke rekening yang keliru.

Transfer Uang #AntiRibet

Selain tidak perlu menghapal nomor rekening pengirim dan penerima, dengan menggunakan Quick Response (QR) code QRku BCA, kita juga tidak memerlukan token. Meski demikian, transaksi perbankan tetap aman karena menggunakan verifikasi PIN. Selain itu, tidak perlu mendaftarakan rekening terlebih dahulu untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Hanya perlu mengunduh aplikasi BCA Mobile terbaru di playstore.

Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Mobile Banking BCA dan Sakuku ini juga sangat menarik karena tidak ada besaran minimal dana untuk transfer. Nasabah BCA dapat mengirim uang mulai dari Rp1 dengan menggunakan QRku BCA ini. Padahal metode transfer biasa umumnya menerapkan jumlah minimal transfer Rp10.000.

Bagaimana Cara Mentransfer Uang via QRku BCA?

  • Unduh BCA Mobile versi terbaru di Google Playstore.
  • Buka aplikasi BCA Mobile, kemudian masukan kode akses atau PIN.
  • Pilih menu QR
  • Pindai kode QR rekening tujuan. Tahap ini dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memindai kode QR secara langsung di smartphone pemilik rekening tujuan, kedua mengunggah gambar kode QR yang sudah dikirim oleh pemilik rekening.
  • Masukan nominal yang akan ditransfer.
  • Masukan kode PIN untuk verifikasi.
  • Selesai.

Untuk lebih lengkapnya dapat melihat secara detail tahapan mentransfer uang melalui Qrku BCA dengan menonton video berikut.

Mentransfer via galeri ponsel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2