Mohon tunggu...
Cucu IkaAgustyaningrum
Cucu IkaAgustyaningrum Mohon Tunggu... Allah Ghayatunna

Sesuatu hal yang paling mudah akan tetapi sulit yaitu MEMAAFKAN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

7 Tips Membagi Waktu Kuliah Sambil Kerja

8 Desember 2020   09:02 Diperbarui: 8 Desember 2020   09:22 116 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Membagi Waktu Kuliah Sambil Kerja
bintangsekolahindonesia.com

Pernah gak sih kalian kesulitan saat membagi waktu kuliah sambil kerja

Bagi kalian karyawan yang sudah memiliki gaji, tentunya pernah kan ditanyain sama atasan supaya bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi untuk jenjang karir kalian? Hal tersebut membuat kalian bingung dalam membagi waktu untuk kuliah dan bekerja. Walaupun sekarang banyak universitas-universitas yang sudah menyediakan kelas karyawan salah satu nya yaitu Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Bogor, hal tersebut akan terasa sulit bagi kalian yang baru pertama kali menjalankan kuliah sambil kerja apalagi ditambah dengan tugas-tugas kuliah dan tugas pekerjaan yang akan dihadapi.

Dengan kuliah sambil kerja pun waktu kalian akan semakin sedikit untuk keluarga, teman dan untuk diri sendiri. Kalian harus siap berkorban waktu dan menerima konsekuesi ketika sudah memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Bahkan jika kalian tidak bisa membagi waktu, kalian akan sangat keteteran sehingga hal ini bisa membuat tugas kuliah mendapat nilai jelek dan tugas kerja yang menumpuk dan membuat kalian semakin stress.

Tapi tenang saja, berikut tips membagi waktu kuliah sambil bekerja agar kalian tetap fokus menjalani keduanya.

1. Atur planning harian secara rutin

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan cara mencatat apa yang akan kalian kerjakan untuk esok hari, dengan ini kalian akan lebih siap dalam menghadapi kedepannya. Hal ini dilakukan agar kalian tidak kebingungan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan dahulu. Lakukan planning harian dengan meluangkan waktu 5 menit agar dapat meminimalisir pemborosan waktu.

2. Kerjakan tugas kuliah ditempat yang membuatmu khusyuk tanpa gangguan

Dalam mengerjakan tugas kuliah memang harus fokus agar nilai yang didapat juga bagus, salah satu hal yang mempengaruhi dalam mengerjakan tugas kuliah adalah tempat yang kita gunakan untuk belajar. Carilah tempat yang nyaman saat mengerjakan tugas, matikan juga notifikasi chating/sosial media yang sekiranya tidak penting agar tidak mengganggumu.

3. Jangan sungkan meminta bantuan teman kampus jika kalian kurang paham tugas kuliah

Apabila kalian kurang paham terhadap tugas kuliahmu, jangan sungkan untuk bertanya kepada teman karena hal tersebut akan sangat membantu mengefektifkan waktumu. Jika kalian malas bertanya, hal tersebut justru akan membuat kalian lalai mengerjakan tugas dan membuat tugas semakin menumpuk. Sangat penting memiliki teman sebagai partner belajar, karena selain membantu tugas kuliahmu, dia juga sebagai pengingat jika kalian lalai dalam menghadapi tugas kuliah.

4. Berani menolak ajakan diluar prioritasmu, kecuali kalian memang benar-benar punya waktu luang

saat awal kalian mulai memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Kalian harus bisa menolak ajakan teman yang tidak terlalu penting. Temanmu yang mungkin hanya fokus terhadap kerjaannya saja atau kuliahnya saja lebih memiliki waktu yang banyak daripada waktumu yang memilih untuk kuliah dan bekerja. Jadi kalian harus bisa memilah mana kegiatan yang memang harus dikerjakan dan mana yang tidak.

5. Menyicil tugas sebelum deadline dan hilangkan kebiasaan menunda

Apakah kalian pernah malas dalam mengerjakan tugas besar dari dosen, dan menundanya hingga akhirnya kalian sadar kalian dikejar deadline dan harus mengorbankan waktu istirahatmu untuk mengerjakan tugas? Rasanya tuh luar biasa menguras pikiran dan emosi kan! Menyicil pengerjaanya adalah solusi terbaik bagi kalian yang sibuk kuliah dan bekerja. Hilangkan kebiasaan buruk menunda kerjaan. Hal ini akan membantumu menghemat energi dan tidak keteteran saat mengerjakan tugas. Bahkan kalian juga bisa mempunyai luang waktu untuk mengevaluasi tugasmu.

6. Kerja boleh tetapi kuliah tetap harus menjadi prioritas utama

Mungkin bagi kalian yang sudah bekerja dan mendapat gaji beranggapan bahwa tidak perlu kuliah lagi. Tapi jangan salah, dengan kuliah kalian juga akan mudah meningkatkan jenjang karir yang lebih tinggi dan mendapatkan gaji yang lebih besar pula. Apalagi jika kalian mampu menyelesaikan kuliah, tentunya orang tuamu akan sangat bangga kepadamu.

7. Buat tubuhmu rileks dan saat weekend datang, lakukan kegiatan menyenangkan

Saat kalian punya waktu senggang, gunakan untuk beristirahat agar tubuhmu rileks. Bagi kalian yang suka bermedsos, boleh saja kalian bermedsos tapi batasi waktunya. Gunakan waktu weekend mu untuk beristirahat atau melakukan hal menyenangkan yang kalian suka, contohnya seperti pergi berlibur dengan keluarga atau teman tetapi jangan melakukan kegiatan yang berat. Lakukan kegiatan yang ringan-rinngan saja. Hal tersebut dapat merefresh pikiranmu, dan membuat kalian siap untuk kembali kuliah dan bekerja.

Itu dia tips-tips membagi waktu kuliah sambil bekerja. Kuliah sambil kerja memang membutuhkan tenaga ekstra dan mendapatkan masalah baru, tapi setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang kuliah sambil bekerja.

VIDEO PILIHAN