Mohon tunggu...
Luthfi Anggoro W
Luthfi Anggoro W Mohon Tunggu... Freelancer - Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Selanjutnya

Tutup

Home

9 Langkah Efektif Meratakan Tanah Miring

11 April 2024   22:05 Diperbarui: 11 April 2024   22:20 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Unsplash dengan edit pribadi

Tanah miring biasanya terjadi di halaman belakang rumah yang bisa menyebabkan retensi kelembaban, erosi tanah, dan limpasan air. Karena itu Anda perlu tahu bagaimana cara meratakan tanah miring tersebut.

Apabila tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan kesulitan saat mengolah petak bunga dan memotong rumput. Tanah halaman belakang rumah yang miring tidak cocok untuk teras, area bermain, dan ditanami tanaman.

Cara Meratakan Tanah Miring

Meratakan halaman untuk mengurangi kemiringan dapat mengatasi semua permasalahan di atas. Apalagi halaman belakang adalah area yang cocok untuk berbagai aktivitas. Berikut ini beberapa cara meratakan tanah miring yang bisa Anda terapkan.

Langkah 1

Pindahkan semua tanaman dari halaman belakang rumah dan simpan sementara di dalam pot. Anda bisa meletakkan semua tanaman tersebut di area yang dekat matahari kemudian siram semua tanaman. Kemudian bersihkan benda-benda lain yang berada di tanah miring tersebut.

Langkah 2

Apabila Anda ingin merencanakan penggalian, maka bisa menghubungi pejabat setempat untuk mengecek kondisi halaman belakang. Anda bisa menandai kabel listrik, saluran telepon, dan pipa air.

Langkah 3


Gali seluruh lapisan tanah bagian atas yang termasuk tanah gelap dan tanah subur, kira-kira sepanjang 8 cm saja dengan menggunakan mini track holder atau bisa dengan skid steer loader. Pindahkan semua lapisan tanah yang sudah digali ke area yang berbeda.

Langkah 4

Tambahkan lapisan tanah yang sudah Anda siapkan ke dasar lereng tanah miring dan bagian atas tanah untuk meratakan kemiringan. Anda bisa meletakkan tanah sedalam 12 inci di setiap 50 kaki.

Langkah 5

Padatkan tanah dengan menggunakan roller rumput sekaligus untuk mencegah terjadinya pengendapan di kemudian hari.

Langkah 6

Cara meratakan tanah miring berikutnya adalah dengan menggunakan sekop untuk mengisi cekungan dengan tambahan lapisan tanah. Sapu seluruh permukaan tanah dan perhalus dengan roller rumput.

Langkah 7

Siapkan papan dengan ukuran 2 x 4 dengan panjang 8 kaki di bagian atas tanah. Pastikan Anda menaruh papan menuruni lereng. Pastikan salah satu ujung sejajar dengan tepi horizontal dari lereng tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun