Mohon tunggu...
Christopher Suciatmaja
Christopher Suciatmaja Mohon Tunggu... Siswa

Saya adalah seorang siswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Generasi Penerus Bangsa

18 Februari 2021   00:01 Diperbarui: 18 Februari 2021   08:29 131 1 0 Mohon Tunggu...

Apakah itu Pemuda? Kata tersebut sering sekali terdengar dan terlihat oleh mata dan telinga kita sendiri, namun sebenarnya apakah pengertian dari kata pemuda itu sendiri? Masih banyak orang yang dimasyarakat yang masih kurang mengerti arti dari kata tersebut. Jika kita lihat melalui berbagai definisi dari kata pemuda, menurut KBBI, pemuda memiliki arti sebagai orang muda atau remaja. Namun tentunya hal ini memiliki arti yang lebih mendalam lagi jika kita lihat pada buku sejarah. Seperti yang kita sering dengar dan lihat, kita dapat mendefinisikan pemuda sebagai seseorang yang muda dengan jiwa yang bersemangat untuk berjuang untuk negaranya, negara yang dibicarakan yaitu adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Pemuda di Indonesia tidak akan pernah habis dan tetap akan bertambah banyak terus, para pemuda-pemuda ini memiliki peran mereka masing-masing dalam memperjuangkan negara ini. Namun tentunya bentuk perjuangan para pemuda pada zaman sebelumnya sangat berbeda dengan bentuk perjuangan pada zaman modern ini. Kita dapat lihat bahwa dulu pemuda rela mengorbankan jiwanya untuk meraih apa yang kita tidak perlu raih lagi, yaitu kemerdekaan. Mereka rela mengorbankan segalanya untuk satu hal ini, namun hal ini bukanlah hal sepele, karena hal ini menyebabkan negara kita menjadi negara yang merdeka dan bebas dari para penjajah.

Tentunya bentuk perjuangan para pemuda pada zaman modern sangat berbeda, karena para pemuda tidak harus meraih kemerdekaan mereka lagi. Namun pemuda zaman modern ini tetap diberikan sebuah tugas yang sangat penting yang dapat dibilang diberikan secara tidak langsung oleh para pemuda-pemuda pada generasi sebelumnya. Tugas itu yakni adalah mempertahankan Kemerdekaan NKRI agar kita tidak perlu melewati apa yang mereka telah lewati.

Generasi pemuda yang baru ini tentunya memiliki peran dan sikap yang berbeda seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya. Namun kita juga mengetahui kenyataannya adalah bahwa masih banyak pemuda yang tidak berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan kemerdekaan mereka, namun mereka lebih mementingkan hal-hal lain. Banyaknya pemuda yang masih melakukan tawuran antar sekolah, demo yang menyebabkan kekerasan, pencemaran nama baik, dan masih banyak lagi yang tentunya jika disebut akan memiliki daftar yang sangat panjang. Padahal, kita sebagai generasi pemuda seharusnya membuat hal-hal positif dari hasil kemerdekaan ini daripada membuat hal-hal negatif di dalam masyarakat kita.

Kita tidak akan pernah tahu kapankah bendera dari negara kita tersebut diambil dan dikuasai oleh bangsa-bangsa lain. Jika dilihat dari hal-hal negatif yang telah dilakukan oleh para pemuda, mungkin saja kita tidak dapat melawan kembali bangsa yang akan mencuri dan menguasai bendera kita serta menjajah kembali negara kita. Hal ini tidak hanya meliputi jika kita dijajah kembali, hal ini kita perlu persiapkan juga karena tentunyan generasi para pemuda harus memiliki pemikiran yang lebih advance daripada generasi sebelumnya agar negara kita dapat menjadi negara yang lebih maju dan makmur. Oleh karena itulah mengapa para pemuda seharusnya mempersiapkan diri mereka masing-masing sebagai generasi penerus.

Untuk mempersiapkan para pemuda dalam menghadapi masa yang akan datang, tentunya para pemuda perlu mempersiapkan mental mereka masing-masing agar mereka memiliki mental yang kuat. Mental yang kuat dapat memimpin suatu gerakan yang memiliki dampak yang positif bagi negara kita, seperti misalnya gerakan penelitian teknologi, gerakan pemuda yang mengikuti militer, dan masih banyak lagi. Kemudian kita sebagai pemuda tentunya memerlukan pemikiran yang fleksibel dan lancar dalam mencerna ilmu pengetahuan yang baru. Dan yang paling penting dari apa yang perlu dipersiapkan pemuda dalam menghadapi masa yang akan datang adalah rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

Rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi merupakan hal yang sangat penting, karena dengan inilah kita dapat mengetahui tujuan mengapa kita mempersiapkan diri kita sebagai pemuda dalam menghadapi masa yang akan datang. Tanpa kedua rasa ini tentunya para pemuda akan mempertanyakan dirinya akan mengapa mereka melakukan hal-hal ini.

Kita sebagai pemuda perlu menanamkan rasa nasionalisme dan juga rasa patriotisme dalam diri kita untuk menghadapi masa yang akan datang. Tentunya hal tersebut tidak datang secara tiba-tiba seperti petir di tengah-tengah hujan. Kita sebagai pemuda memerlukan pola pikir yang positif akan negara kita, yang dimaksud dari hal ini adalah kita harus sadar bahwa kita terlahir di Tanah Air Indonesia yang sudah merdeka. Jika kita lihat lagi kebelakang, kita tidak perlu lagi berjuang sampai-sampai bertumpah darah lagi karena kita sudah ada di era dimana negara kita sudah merdeka. Jika kita mengucap syukur akan hal tersebut dan akan meneruskan tugas dan kewajiban kita sebagai pemuda maka tanpa disadari kita sudah memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme.

Lebih mudah jika hal ini dilakukan sejak kita kecil, seperti misalnya mengikuti upacara dengan tertib, belajar sejarah dari negara kita, menolong sesama, dan masih banyak lagi. Hal-hal sederhana ini secara sedikit demi sedikit akan membuat kita menjadi pribadi yang menjunjung Tanah Air kita dan ingin membelanya, maupun itu pada saat ini ataupun saat yang akan datang di masa depan.

Pada akhirnya, kita sebagai pemuda tentunya harus menjalankan tugas dan kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan. Tanpa generasi pemuda sebelumnya, mungkin saja kita tidak akan pernah meraih kemerdekaan., oleh karena itulah kita harus selalu mengucap syukur akan apa yang telah diberikan dan berjanji kepada para generasi pemuda di zaman sebelumnya untuk memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan negara kita, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

VIDEO PILIHAN