Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Santo Petrus Kefamenanu TTU Jurusan Pendidikan Agama Katholik

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kamu adalah Saksi dari Semuanya Ini (Renungan Minggu, 18 April 2021)

18 April 2021   04:24 Diperbarui: 18 April 2021   05:17 199 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kamu adalah Saksi dari Semuanya Ini (Renungan Minggu, 18 April 2021)
foto.dok.pribadi/Momen setelah Misa Sabtu Aleluya di Bakal Paroki Kuneru, bersama pelayan altar

Fakta kebangkitan Kristus, meninggalkan cerita, problem, dan keraguan tersendiri bagi para murid dan juga para pengikut Kristus. Ada beragam reaksi seputar fakta dan berita kebangkitan Kristus. ada yang percaya, ada yang ragu-ragu, ada yang percaya tetapi takut untuk bersaksi. 

Ada yang menuntut bukti. Ada yang sudah diyakinkan dengan bukti-bukti, tapi toh masih ragu. Ini persoalan manusiawi. 

Injil mengisahkan bahwa:

1.Tidak semua orang percaya bahwa Yesus bangkit. Bahkan diantara para murid sendiri juga timbul keraguan (dalam bacaan injil minggu lalu kita mendengar keraguan Thomas misalnya. Thomas mengatakan sebelum aku mencucukan jariku pada bekas paku dan lambungnya sekali-kali aku tidak akan percaya)

2.Setelah bangkit, Yesus Kristus tidak secara umum dan menyeluruh menampakan diri kepada semua pengikut-Nya. (Karena itu, ketika menampakan diri kepada Thomas dan para murid yang lain Yesus mengatakan; "Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya"

Injil hari ini membuktikan kepada kita, masih ada juga perdebatan, keraguan, bahkan juga ketidak percayaan dikalangan murid tentang kebangkitan Kristus.

Buktinya adalah:

*Ketika Yesus menampakan diri kepada dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus. Mereka terkejut dan takut, karena menyangkah bahwa mereka melihat hantu. Tetapi Yesus mengatakan; "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keraguan dalam dirimu?"

*Saat itu, kedua murid masih belum mengerti, tetapi Yesus berusaha meyakinkan mereka dengan meminta makanan; Adakah padamu makanan di sini?

*Setelah Yesus meyakinkan mereka dengan bukti fisik, Yesus akhirnya berusaha membuka pikiran mereka tentang kitab Suci. "Ada tertulis, mesias harus menderita, dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga"

*Pada akhirnya Yesus mengatakan; "Dalam nama-Nya Berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaiakan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem" dan kamu adalah saksi semuanya ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x