Mohon tunggu...
Credentia Gisela
Credentia Gisela Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Sedang berada di semester tujuh dan sedang mencoba untuk tetap produktif. Sambil diikuti, sambil dilihat kontennya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Internet dan Jurnalisme Online di Korea Selatan

21 September 2022   11:50 Diperbarui: 21 September 2022   12:05 140 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan jurnalisme tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Konvergensi media menuntut jurnalisme untuk bergabung dengan internet dan mulai menyebarkan informasi di dalamnya. Artikel ini akan membahas bagaimana internet hingga jurnalisme online berkembang di negara Korea Selatan.

Internet di Korea Selatan

Internet mulai dikenal di Korea Selatan di tahun 1982 melalui Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) bernama SDN. Banyak universitas dan institusi penelitian menjadi penggunanya.

Di tahun 1989, PACCOM Project yang dipelopori University of Hawaii menghubungkan Hawaii, Australia, Jepang, Korea, dan Selandia Baru dengan pendanaan yang berasal dari NASA, DoE, dan NSF di Amerika, serta dari negara masing-masing.

Di Korea, para anggota organisasi SDN setuju untuk bergabung dengan PACCOM Project dengan pendanaan gabungan dari jalur sewa 56 Kbps ke Hawaii dan menciptakan organisasi baru bernama HANA.

Di tahun 1990, SUN workstation -- sebuah sistem komputer yang diciptakan Stanford University -- yang berada di Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) terhubung ke NSFNET melalui University of Hawaii dan HANANET dibangun.

Situs Populer di Korea Selatan

Seperti halnya di Indonesia, Korea Selatan juga punya sejumlah situs lokal yang digemari netizen mereka.

Sumber: Tangkapan Layar
Sumber: Tangkapan Layar

Pertama, ada Naver. Wujud situs ini kurang lebih seperti Google dan dikenal sebagai search engine andalan mereka. Penggunanya dapat mencari berbagai macam informasi di dalamnya, seperti musik, acara televisi, webseries, hingga berita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan