Mohon tunggu...
Corry LauraJunita
Corry LauraJunita Mohon Tunggu... Tsundoku-Cat Slave

-

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mengenal Sistem Kekebalan Tubuh dari Anime Hataraku Saibou

10 Agustus 2019   00:55 Diperbarui: 10 Agustus 2019   01:01 0 1 1 Mohon Tunggu...
Mengenal Sistem Kekebalan Tubuh dari Anime Hataraku Saibou
Sumber : www.flipscience.ph

Beberapa hari terakhir ini saya mengikuti kuliah defisiensi untuk merefresh kembali ingatan mengenai pelajaran imunologi yang telah diperoleh saat kuliah S1. Berbicara mengenai imunologi tentunya pemikiran akan mengarah pada daya tahan tubuh, antibody, atau sel-sel darah putih.

Banyak istilah, jenis sel dan mekanisme yang benar-benar telah saya lupa setelah bertahun-tahun tidak pernah mempelajari lagi topik ini secara dalam Saat mempelajari  kembali banyaknya proses mekanisme pertahanan tubuh yang kita miliki, saya teringat pada sebuah anime yang berjudul Hataraku Saibou (Cells at Work) yang tayang pada musim panas tahun 2018.

Menonton anime ini benar-benar membantu saya dalam menyegarkan ingatan dan mempermudah saya memahami penjelasan segambreng yang diberikan hanya dalam beberapa hari. Trailer untuk anime ini dapat dilihat dalam tayangan berikut :

Sel-sel dalam anime ini tidak digambarkan seperti dalam buku-buku pelajaran biologi tetapi dikarakterisasi seperti manusia, jadi kita akan melihat sel-sel tersebut dalam bentuk manusia, hanya saja dengan dengan label yang menggambarkan kekhasan masing-masing tersebut.

Contohnya adalah dua sel yang menjadi "fokus utama" dari anime ini yaitu sel eritrosit (sel darah merah) bernama  AE3803 dan sel darah putih (leukosit) bernama U-1146. AE3803 digambarkan sebagai pengantar "paket" dengan seragam dan topi berwarna merah.

Hal ini sesuai dengan karakter eritrosit yang berwarna merah dan berperan diantaranya sebagai pembawa oksigen. U-1146 digambarkan sebagai sesosok pemuda serba putih yang dingin, namun akan berubah menjadi ganas saat menemukan adanya potensi gangguan terhadap tubuh misalnya bakteri.

Hal ini sesuai dengan karakter dari sel darah putih yang akan segera aktif sebagai pertahanan untuk mengeliminasi gangguan penyebab infeksi pada tubuh.

Selain kedua sel tersebut, sel-sel lain dalam tubuh juga divisualisasi dengan tidak kalah menariknya, tokoh antagonis juga digambarkan dengan bentuk yang lucu-lucu dan terkesan konyol kecuali pada episode yang membahas sel kanker, dimana sel tersebut digambarkan sebagai kesalahan sehingga berbentuk tidak sempurna dan harus diburu.

Anime ini tidak memiliki plot kronologis, jadi bisa ditonton secara acak, jadi satu episode akan selesai dengan satu kisah walaupun sebaiknya episode pertama tetap ditonton duluan karena merupakan penggambaran secara umum tubuh sebagai setting lokasi cerita dan perkenalan tokoh yang menjadi tokoh yang menjadi fokus utama.

Namun, plot cerita hampir sama setiap episodenya yaitu adanya gangguan yang mengganggu kerja sel yang sedang bekerja (terutama si tokoh AE3803), sel-sel lain akan segera mengatasi ancaman yang datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x