Mohon tunggu...
Centre of Management IPB
Centre of Management IPB Mohon Tunggu... Lainnya - Himpunan Profesi Mahasiswa

Centre of Management IPB merupakan himpunan profesi departemen manajemen IPB University.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

5 Tips Copywriting Bisnis Anti Buntung!

25 September 2022   08:00 Diperbarui: 25 September 2022   07:58 123 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : unsplash.com/photos/HYQvV8wWX18

Pernahkah kamu melihat kata-kata pada iklan sebuah produk seperti your next computer is not a computer? Atau pernahkah kamu menerima e-mail singkat dari sebuah perusahaan yang menyediakan jasa di bidang digital seperti get better grades with our-step by step videos, Try Numerade free for 30 days?

Kata-kata tersebut merupakan sebuah hasil karya seni seorang copywriter yang disebut copywriting. Copywriting bukan merupakan sebuah kalimat yang dibuat secara asal-asalan dan tidak mengandung makna lho!. Perlu teknik yang tepat dan kreatifitas untuk membuat sebuah copywriting yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Copywriting ini merupakan aspek yang sangat penting dalam bisnis karena dapat membuat bisnis semakin laris tanpa embel-embel pesugihan. Kalau mau tahu teknik copywriting yang dapat membuat bisnis kalian laris manis, simak artikel ini sampai habis ya! Copywriting adalah salah satu teknik pemasaran berbentuk kalimat yang dapat menarik perhatian konsumen dan bersifat persuasif. Orang yang bekerja dalam membuat copywriting disebut copywriter. Biasanya, copywriting juga berisi kalimat yang mengajak konsumen untuk melakukan suatu tindakan tertentu yang diinginkan copywriter, atau biasa disebut call to action. Tindakan tersebut dapat berupa pembelian, berlangganan, membaca penjelasan mengenai produk baru, dsb. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, copywriting merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam bisnis. Copywriting yang baik dapat membuat bisnis anda meraih lebih banyak konsumen. Tidak ada satupun bisnis yang sukses dan mendunia tanpa menerapkan copywriting yang baik. Perusahaan besar seperti Apple, Toyota, Walmart, dan Unilever, tentunya juga menggunakan teknik copywriting dalam bisnisnya. Jadi, copywriting merupakan kata-kata singkat yang memiliki dampak yang besar pada tingkat penjualan. 

Bagi kalian yang baru memulai bisnis ataupun sudah lama berbisnis, tetapi belum menerapkan teknik copywriting yang baik atau bahkan tidak menerapkan copywriting sama sekali, yuk simak cara-cara teknik copywriting yang ampuh berikut ini! 

1. Lakukan penelitian dan kenali produk serta target pasarmu lebih dalam!  


Ada sebuah pepatah yang mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang". Hal ini juga berlaku di dalam bisnis. Konsumen akan tertarik pada produk apabila mereka telah mengenal produk tersebut. Oleh karena itu, sebelum kamu membuat sebuah copywriting, pastikan kamu benar-benar mengenal produkmu, terutama dalam sisi manfaat yang ditawarkan serta keunggulan produkmu dari pesaing. Selain produk, kamu juga harus mengenali target pasarmu lebih dalam. Lakukan riset pasar dan kenali bagaimana karakter mereka dan apa yang mereka cari di dalam suatu produk. Misalnya, target pasarmu adalah orang yang sering membuat konten dan membutuhkan smartphone dengan fitur voice focus agar terhindar dari suara bising di sekitarnya. Maka, kamu harus mempertegas fitur voice focus pada copywriting-mu. Seperti tagline dari Samsung M53 5G, yaitu "cut out ambient noise with voice focus". Jika kamu telah mengenal target pasar lebih dalam, copywriting-mu pastinya akan menarik target pasar yang kamu tuju.

 

2. Buat kata-kata yang singkat dan padat, namun jelas dan menarik!

 

Sumber : unsplash.com/photos/_m0QOg3YNrg
Sumber : unsplash.com/photos/_m0QOg3YNrg

 "Sprite nyatanya nyegerin......" 

Jika kamu pernah melihat iklan sprite, pasti kamu pernah mendengar kalimat di atas. Tagline tersebut merupakan salah satu contoh tagline yang singkat, tetapi kita dapat mengetahui manfaat yang ditawarkan oleh produk Sprite dengan jelas, yaitu menyegarkan. Konsumen tidak menyukai kata-kata yang panjang dan tidak memiliki poin utama. Bahkan, sebuah studi menyatakan bahwa orang akan kehilangan fokusnya setelah 8 detik. Konsumen yang sedang mengalami suatu permasalahan dan membutuhkan solusi dari suatu produk juga akan berfokus pada manfaat produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, untuk menarik konsumen agar membeli produkmu, buatlah mereka memahami manfaat dan keunggulan produk yang ingin kamu tawarkan dengan membuat teks copywriting yang singkat, padat, dan jelas. Cara membuat teks copywriting yang singkat adalah dengan mengeliminasi kata-kata yang kurang powerful pada teks copywriting yang kamu buat. 

3. Gunakan kata sehari-hari

Dalam membuat teks copywriting, hindari penggunaan kata atau istilah yang sulit dipahami. Jika ingin menjangkau pasar yang luas, kamu perlu menggunakan kalimat sehari-hari yang dapat dipahami oleh masyarakat. Seperti kalimat yang ada pada deskripsi produk wardah liquid foundation, yaitu liquid foundation yang terasa ringan, natural, dan nyaman digunakan sehari-hari. Bayangkan, jika kamu membeli suatu produk, tetapi klaim dan kalimat petunjuk penggunaan produk menggunakan kata-kata puitis atau istilah yang sulit dimengerti. Dapat dipastikan, kamu akan merasa kesulitan memahami dan kurang tertarik dengan produk. 

 

4. Terapkan kalimat kontradiktif pada teks

 Pernah melihat tagline, "Your next computer is not a computer"? Kalimat tersebut merupakan salah satu tagline dari produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple, yaitu Ipad Pro. Tagline tersebut menggambarkan value proposition yang ditawarkan oleh Apple, yaitu Apple menghadirkan sebuah Ipad Pro yang memiliki spesifikasi komputer. Apple menekankan keunggulan produk dengan membuat kalimat perbandingan pada tagline-nya. Kalimat ini terdengar menarik karena menggunakan kalimat kontradiktif. Bentuk kalimat tersebut dapat membuat orang yang mendengar atau membacanya merasakan superior value yang ingin disampaikan oleh Apple. Kamu pun bisa menerapkan cara ini untuk bisnismu agar tagline yang kamu buat semakin menarik. 


5. Jangan memberikan statement yang berlebihan tentang produkmu

Sumber : unsplash.com/photos/5fNmWej4tAA
Sumber : unsplash.com/photos/5fNmWej4tAA

Poin ini sangat penting untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap produkmu. Bayangkan, jika kamu membeli suatu produk yang memiliki klaim tidak mudah pecah. Namun, ketika jatuh di tempat dengan ketinggian rendah, produk tersebut langsung pecah. Pastinya kamu akan kecewa dan mempertanyakan kebenaran dari klaim produk tersebut. Pada akhirnya, kamu akan kehilangan kepercayaan pada produk serta perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan prinsip kejujuran ketika membuat sebuah teks copywriting guna menjaga kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.


 Itulah 5 tips membuat copywriting yang menarik agar bisnismu semakin laris. Selamat mencoba, readers!


Penulis : Nada Farhanah  (Mahasiswi S1 Manajemen IPB University)


Sumber : 

Ibnu. (Maret, 2021). Copywriting Adalah: Pengertian dan Cara Membuat Copywriting yang Efektif. Diakses dari https://accurate.id/marketing-manajemen/copywriting-adalah/ 

Bram. (Oktober, 2021). Copywriting Research -- Why It's Important And How You Can Do It!. Diakses dari https://bramvergouwen.com/copywriting-research/#:~:text=Thorough%20research%20is%20a% 20vital,is%20completely%20new%20to%20you 

Gunelius, Susan. (Februari, 2009). 10 Steps to Effective Copywriting. Diakses dari https://www.entrepreneur.com/article/20022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan