Mohon tunggu...
Prof.Dr.Noor Zaman Khan MD.PhD
Prof.Dr.Noor Zaman Khan MD.PhD Mohon Tunggu... Dokter - Spesialis Kesehatan & kecantikan

Prof.DR.Noor Zaman Khan MD.Ph.D pendiri COLLAGEN HOUSE sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik kecantikan dan perawatan kulit dibawah PT NZK Internasional Indonesia. Dr.NZK mempelajari manfaat formula collagen untuk kulit dan kesehatan ketika belajar di Jerman. Ia merupakan ahli dalam teknologi perawatan kulit medis dan kecantikan. Setelah memperoleh gelar MD, DR.NZK memulai karir sebagai Dokter Umum, kemudian ia menjadi anggota World Society of Anti-aging Medicine (WOSAAM) di Paris, Prancis pada 30 Desember 2007 dan juga anggota International Hormone Society di North Central & South America. Sekarang DR.NZK konsen mengabdikan dirinya untuk melayani kesehatan dan kecantikan kulit untuk masyarakat. Ia mendirikan collagen house di 5 negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapore dan Pakistan. DR.ZNK juga menulis buku tentang “Wanita & Kesehatan”, dalam buku ini ia menceritakan tentang 8 hal persoalan dan solusi kesehatan wanita diantaranya merawat payudara, seks yang menyakitkan wanita, disfungsi seksual pada wanita, hingga persoalan stress & hipertensi. Kedua buku tentang “Wanita dan Hormon” yaitu buku yang menceritakan persoalan penyakit yang sering dialami kaum wanita terutama terkait persoalan perubahan hormon. Salah satu pemicu perubahan hormon ditulis dalam buku ini yakni stress sehingga bisa mengganggu kesehehatan seperti rambut rontok, kehilangan elastisitas, masalah seksual hingga sakit kepala.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Kolagen untuk Kulit dan Tulang

17 Oktober 2021   16:13 Diperbarui: 17 Oktober 2021   16:18 54 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kolagen adalah protein khusus yang mengandung banyak asam amino penting berfungsi menyatukan jaringan sel, tulang, elastisitas dan merangsang produksi asam hialuronat. 

Kolegan terdapat di seluruh bagian tubuh, mulai dari tulang dan otot, rambut serta kulit. Penelitian menunjukan bahwa kolagen berperan penting atas struktur dan elastisitas kulit, namun setelah usia 25 tahun tubuh cenderung kehilangan sekitar 1,5% kolagen dari cadangan alaminya. Banyak faktor yang dapat mempercepat penurunan produksi kolagen diantaranya bertambahnya usia, merokok, kelebihan gula, sinar UV, alkohol, dll.

Untuk itu tubuh membutuhkan suplemen kolegan untuk kesehatan dan perawatan kulit. Beberapa manfaat suplemen kolegan yakni memperbaiki kulit, beberapa penelitian menunjukan mengkonsumsi suplemen kolegan menimbulkan dampak positif pada kulit. 

Secara khusus, protein pada kolegan mampu meningkatkan elastisitas kulit. Penelitian lain juga menunjukan manfaat kolagen mampu meningkatkan kelembaban dan hidrasi kulit secara umum, serta mengurangi pengerutan lainnya. Mengkonsumsi suplemen kolagen juga dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mengantikan protein kulit lainnya, seperti elastin dan fibrilin. 

Kolagen dapat membantu penyembuhan dalam pengobatan moderen, biasanya kolegan digunakan untuk penyembuhan setelah operasi besar atau cendera pada yang berdampak pada kulit., seperti cangkok kulit atau luka bakar besar. 

Kolagen umumnya digunakan sebagai dasar struktural untuk penyembuan kerusakan jaringan yang luas, membantu membentuk basis dari mana bentuk protein lain dapat tumbuh dan berlabuh sendiri. 

Kolagen juga kompenen penting dalam tulang rawan dan membentuk tendon, yang keduanya merupakan elemen penting dari sendi. Sendi yang terdapat pada lutut, bahu dan pinggul cenderung rawan cidera seiring bertambahnya usia. 

Sebagian ini hanya disebabkan oleh kehausan bertahap dari kemampuan tubuh anda memproduksi dan menganti lebih banyak kolagen, untuk menyembuhkan dan meregenerasi tulang rawan pada sendi. pengurangan kolegan juga dapat menyebabkan  kondisi seperti osteoartritis, serta nyeri sendi secara umum. 

Keropos tulang bisa menyebabkan tulang patah sehingga dibutuhkan suplemen kolegan untuk merangsang produksi lebih banyak kolagen, yang dapat digunakan tubuh untuk memperbaiki tulang dan memperkuatnya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan