Hari ini, saya cukup sibuk, mengajar 8 sesi di 4 kelas yang berbeda. Sebenarnya jumlah jam mengajar hari ini tidak terlalu berbeda dengan jam mengajar di hari yang lain, hanya saja hari ini adalah jam mengajar yang paling banyak.
Seperti biasa, sebelum pembelajaran, saya sudah mempersiapkan berbagai hal yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Salah satu hal yang saya siapkan untuk pembelajaran di kelas 7 adalah pembuatan mind-mapping. Setelah saya menjelaskan berbagai hal (tentu saja butuh waktu untuk menjelaskannya kepada anak kelas 7), akhirnya pembuatan mind-mapping pun dimulai.
Dari hasil observasi yang saya lihat, kebanyakan anak yang saya ajar memiliki  semangat yang tinggi untuk mengerjakan mind-mapping. Jujur, harus saya akui, anak kelas 7 yang saya ajar adalah siswa yang baru masuk ke dalam jenjang SMP, sebelumnya mereka masih berkecimpung di dalam Sekolah Dasar sehingga masih banyak di antara mereka yang membawa sikap anak-anak.
Tapi, saya senang dengan hal itu. Jika dibandingkan dengan kakak-kakak kelas mereka, mereka memiliki semangat yang lebih tinggi. Kakak-kakak kelas mereka sudah mulai malas dan tidak bersemangat dengan belajar, tapi tidak dengan anak-anak kelas 7.
Ketika saya berjalan memeriksa pekerjaan mereka, saya berpikir dan berharap agar semangat belajar mereka tidak berkurang sampai kapan pun. Maksudnya adalah saya rindu anak-anak yang saya ajar hari ini tetap memiliki semangat belajar yang sama hingga mereka SMA. Saya berharap mereka tidak jenuh dalam belajar dan tetap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap pembelajaran.
Namun, di sisi lain, saya tetap mengakui bahwa keaktifan dan semangat siswa belajar tidak hanya dipengaruhi oleh diri mereka sendiri, namun dari faktor luar juga memberikan dampak. Jika mereka sudah semangat, namun kegiatan pengajaran atau pengajarnya tidak bersemangat, maka semangat mereka juga akan meredup
Sehingga kesimpulan yang dapat saya katakan adalah saya senang jika anak-anak dapat bersemangat. Namun, saya juga harus bersemangat untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih variatif dan menarik perhatian mereka.