Mohon tunggu...
Andi
Andi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pengajar Pemula

Cara membuat hidup tidak ribet adalah dengan mengelola dan mengontrol pikiran kita dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Diary

Masalah

17 Januari 2022   17:18 Diperbarui: 17 Januari 2022   17:55 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Permasalahan di dunia ini memang terbagi menjadi dua. Dalam versi saya, ada permasalahan yang tidak terdeteksi dan masalah yang bisa dideteksi. Ini tergantung pada setiap orang. 

Tentu saja, orang-orang yang sering menghadapi masalah, ia akan lebih peka pada setiap permasalahan yang ada sehingga kekuatannya untuk menerawang permasalahan akan lebih hebat dibandingkan dengan orang-orang yang terus berada di dalam zona nyaman. 

Namun, sebelum itu hal yang perlu diketahui adalah bahwa membandingkan diri dengan orang lain secara rutin tidaklah bagus. Takutnya, akan masuk ke dalam fase yang mengerikan, seperti tidak mencintai diri sendiri.

Hari ini, ada permasalahan yang terjadi di hidup saya. Pada hari sebelumnya, saya juga memiliki permasalahan, namun permasalahan di hari ini cukup menempel sehingga saya hendak mengabadikannya dalam bentuk tulisan ini. 

Permasalahannya dimulai di pagi hari, ketika jarum pendek jam dinding belum sampai di angka 10, salah satu murid saya sakit. Saya tidak tahu benar penyakit apa yang sedang menghampirinya, namun ia terlihat kesakitan. 

Ia mendeteksi bahwa ia mengalami penyakit amandel, saya yang jarang mengetahui nama itu. Tidak terlalu paham bagaimana meredakannya. Sehingga, langkah yang saya lakukan adalah hanya memberi semangat baginya. Sambil memperhatikannya, saya melanjutkan pembelajaran sehingga anak-anak yang lain tidak terbengkalai hanya karena satu temannya.

Setiap menit, saya mencoba untuk melihat ke arahnya, mencoba memastikan bahwa ia tidak semakin memburuk. Pada penglihatan pertama dan kedua, semua tampaknya baik-baik saja. 

Namun, lama kelamaan ia semakin menderita. Saya mendekatinya, mencoba menawarkan bantuan berupa membawanya pulang, namun ia menolak. 

Saya yang tidak terlalu pandai dalam hal membujuk, menyetujui keputusannya. Namun, karena saya sudah tidak tega melihatnya, akhirnya dengan pelan, saya membujuknya untuk pulang dan untuk tidak mengkhawatirkan pembelajaran hari ini. Dengan muka yang pucat, akhirnya ia pulang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun