Mohon tunggu...
Michael  Turnip
Michael Turnip Mohon Tunggu... Chef Turnip

Saya Seorang Chef, dari dapur dan dari memasak saya bisa mengajarkan kepada anak anak saya tentang sebuah proses, tidak hanya menikmati hasil di meja makan.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Mengenal Arsik, Makanan Khas Daerah Batak

18 Oktober 2019   21:00 Diperbarui: 19 Oktober 2019   19:53 0 8 2 Mohon Tunggu...
Mengenal Arsik, Makanan  Khas Daerah Batak
Menu olahan Arsik. (foto: kompas.com)

Arsik  adalah makan khas Batak Toba Samosir, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Makanan yang berbahan dasar ikan mas yang dibumbui kuning dan rempah-rempah khas asalnya seperti Andaliman, kincung, bawang batak dan bumbu lainnya. 

Bagi masyarakat Batak makan ini bukan sekedar makanan biasa, namun juga memiliki filosofi dan nilai-nilai tersendiri. Arsik biasanya disajikan untuk upacara adat tertentu. 

Walaupun demikian, bukan berarti makan ini tidak  bisa dikonsumsi sehari-hari, kita bisa menikmati dan membuatnya kapan saja. 

Sebagai contoh, tidak harus menunggu acara adat berlangsung di tanah Batak jenis makan ini sangat populer.

Di acara adat Batak selalu ada Arsik, baik acara pernikahan, kelahiran seorang anak dan acara acara lainnya. Masyarakat Batak sangat menjujung tinggi adat istiadat, serasa kurang afdol rasanya jika di acara adat Batak tidak ada Arsik. 

Untuk ikan mas sendiri, banyak dijumpai di pasar pasar tradisional atau yang biasa di sebut pajak. Sebutan pajak di Sumatra Utara dapat diartikan pasar; jadi biasa untuk pasar pagi atau pajak pagi. Dan bahkan banyak sebagian penduduk Toba membudidayakannya atau membuat tambak di sekitaran danau.

Masyarakat Toba dan Samosir khususnya, mereka sangat memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Tak jarang bila kita berkunjung atau pulang kampung, bagi orang Batak yang merantau, sekarang banyak kita jumpai tambak-tambak ikan.

Sebagian dari tambak-tambak itu sudah diatur pemerintah setempat agar tidak mencemari danau itu. Ada danau yang boleh dan mana yang tidak boleh untuk membuat tambak.

  • sumber gambar: cookpad.com
    sumber gambar: cookpad.com

Kembali pada Arsik, arsik ikan mas sebenarnya sama dengan masakan ikan mas lainnya yang di bumbui kuning. Atau, biasa kita jumpai di warung-warung makan banyak dijual pedagang dengan varian yang berbeda-beda, tapi tetap menggunakan ikan mas yang berbumbu kuning. 

Yang membedakan dari arsik batak adalah bumbu khas daerah asalnya yang jarang atau sulit dijumpai di daerah lain, khususnya Pulau Jawa. Sebagian orang Batak yang merantau ke luar Sumatra akan sangat sulit menemukan bahan bumbu untuk membuat arsik yang benar-benar asli. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x