Mohon tunggu...
Coach Hamid
Coach Hamid Mohon Tunggu... Wiraswasta - CEO Jong Digital Preneur

saya adalah pembelajar yang ingin terus berbagi hasil belajar saya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Prinsip Kerja Starlink Ditinjau dari Hukum Fisika

27 Mei 2024   18:24 Diperbarui: 27 Mei 2024   22:48 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Coach Hamid saat di depan SMP IT Al Khairat (bing)

Prinsip Kerja Starlink Ditinjau dari Hukum Fisika

Starlink, proyek revolusioner dari SpaceX, menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Dengan kecepatan internet hingga 250 Mbps dan latensi rendah, Starlink tidak hanya mengatasi keterbatasan geografis tetapi juga menghadirkan kualitas internet yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, bagaimana sebenarnya teknologi ini bekerja dan apa saja tantangan serta keunggulannya? Mari kita telaah dari sudut pandang fisika.

Mekanisme Kerja Starlink
Komunikasi Langsung dengan Satelit

Berbeda dengan layanan internet kabel tradisional yang mengandalkan jaringan kabel, Starlink menggunakan komunikasi langsung antara antena pengguna dengan satelit yang mengorbit Bumi. Ini berarti Starlink dapat menyediakan internet di daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh infrastruktur kabel.

Ketinggian Satelit dan Latensi


Salah satu keunggulan utama Starlink adalah latensi rendah. Ini dicapai karena satelit Starlink beroperasi di ketinggian rendah, sekitar 550 km di atas permukaan Bumi. Sebagai perbandingan, satelit geostasioner yang digunakan oleh layanan satelit konvensional berada di ketinggian sekitar 35.000 km.

Mengapa ini penting? Latensi, atau waktu yang dibutuhkan untuk data dikirimkan dan diterima kembali, sangat bergantung pada jarak. Menggunakan kecepatan cahaya sebagai referensi (300.000 km/detik), latensi ideal untuk satelit geostasioner adalah sekitar 230 ms, sedangkan untuk satelit Starlink, latensinya hanya sekitar 3,67 ms. Hasil akhirnya adalah pengalaman internet yang lebih responsif dan cepat.

Teknologi Antena

Mengapa Antena Datar?

Salah satu pertanyaan menarik adalah mengapa antena Starlink berbentuk datar dan bukan parabola melengkung. Jawabannya terletak pada penggunaan teknologi antena phased array. Teknologi ini memungkinkan antena untuk mengubah arah sinyal tanpa perlu bergerak fisik. Ini dicapai dengan mengatur fase sinyal yang dipancarkan oleh masing-masing elemen antena, sehingga arah sinyal dapat diarahkan dengan presisi tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun