Pendidikan memiliki peranan penting bagi seluruh masyarakat. Saat ini lembaga pendidikan di Indonesia jumlahnya sudah sangat banyak. Melalui pendidikan manusia mempelajari proses pendewasaan dan pemandirian. Dikatakan dewasa apabila seseorang mampu untuk mengatur diri sendiri sesuai dengan hak dan kewajibannya, sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya. Sedangkan  pemandirian  berarti manusia siap menerima dan mengambil keputusan dengan bijaksana atas tantangan yang dihadapinya sekaligus berani menanggung segala konsekuensi yang ditimbulkannya.
Universitas 17 Agustus Surabaya atau yang sering di kenal dengan julukan kampus Merah Putih yang selalu menyelenggarakan program KKN pada setiap tahunnya. Tema yang saya ambil kali ini ialah " Pendampingan dan Pembelajaran Di TK Dharma Wanita Krompol ". Akan tetapi pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dengan Tahun sebelumnya, yang dimana KKN ini dilaksanakan secara individual mengingat tetap waspadanya kita terhadap virus Covid-19.
Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat saya Clara Cindy Gusmala, sebagai mahasiswi Ekonomi Pembangunan Universitas 17 Agustus Surabaya dibawah bimbingan Pak Dr. Frans Simangunsong.,S.H.,M.H.,CMC selaku dosen pembimbing lapangan. Â Bahwa proses pembelajaran anak TK masih menjadi permasalahan di Indonesia beberapa tahun terakhir.
Permasalahan dari Pembelajaran pada pendidikan TK tersebut perlu diselesaikan. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini sebagai salah satu program yang memacu diri saya untuk mengatasi permasalahan pada pendidikan TK di Dharma Wanita Krompol.
Pembelajaran pada anak usia dini khususnya Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan wahana untuk mengembangkan potensi seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat masing-masing anak. Pendidikan TK memberikan kesempatan untuk mengembangkan kepribadian anak, oleh karena itu pendidikan untuk anak TK perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan yang meliputi: aspek kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik, dan motorik. Pada kenyataannya, proses pembelajaran anak TK masih menjadi permasalahan di Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengembangan media pembelajaran, kurangnya edukasi manfaat atau pentingnya pembelajaran membaca, dan kurangnya pengembangan inovasi metode pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya bantuan untuk meringankan kendala yang dihadapi pendidikan TK di Dharma Wanita Krompol.
Pada kesempatan ini penulis melaksanakan pendampingan dan pembelajaran  menulis angka, huruf dan bacaan dilanjut dengan mewarnai sebuah gambar dengan tujuan melatih tulisan tangan, menambah pengetahuan, keterampilan motorik dan merangsang kreativitas siswa-siswi