Mohon tunggu...
CLARA ALVERINA BR SEMBIRING
CLARA ALVERINA BR SEMBIRING Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pertanian UKSW

Pertanian

Selanjutnya

Tutup

Medan Pilihan

Pajak Buah Berastagi Surganya Buah dan Sayuran

14 Juli 2022   18:25 Diperbarui: 14 Juli 2022   18:31 167 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Medan. Sumber ilustrasi: TRIBUNNEWS/Aqmarul Akhyar

Kota Berastagi merupakan salah satu kota yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sekitar 70 km dari pusat kota Medan

Berastagi terletak di dataran tinggi Karo dengan ketinggian antara 600- 1400 meter diatas permukaan laut. 

Dengan ketinggian tersebut tanah Karo menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia dengan suhu diantara 16-17 Celcius. 

Dengan suhu yang demikian tanah di Berastagi sangat subur. Kota Berastagi terkenal dengan nama "Kota Markisa dan Jeruk Manis." Dinamakan demikian, karena 

banyaknya petani di sana yang menanam markisa dan jeruk manis.

Tidak hanya markisa dan jeruk manis,  kota Berastagi juga banyak ditanami sayur mayur, buah buahan dan tanaman hias. Buah dan sayuran dari kota Berastagi juga sering sekali dikirim ke beberapa daerah Sumatera maupun Jawa.

Selain dikirim ke beberapa daerah, buah dan sayuran juga dijual di Berastagi yang biasa juga disebut dengan "Pajak Buah Berastagi" . Pajak merupakan sebutan pasar dalam bahasa Batak Karo. 

Pajak Berastagi ini merupakan pasar tradisional tetapi berbeda dari pasar tradisional pada umumnya. Pajak Berastagi ditata dengan rapi, dan bersih sehingga para pengunjung nyaman untuk berbelanja.

Buah favorit yang ada di pajkak Berastagi ini adalah buah Pepino dan kesemek. Mengapa disebut favorit, karena bua eksotis ini sulit didapatkan di tempat lain. Berbagai macam sayuran segar juga daoat kita dapatkan di pasar ini.

Tidak hanya buah dan sayuran srgar yang dapat kita dapatkan, terdapat pula tanaman hias yang beranekaragam. Selain tanaman hias dipasar ini kita juga dapat mendapatkan berbagai pernak-pernik khas tanah Karo seperti baju, dual, gelang, kalung, kain, dan masih banyak lagi

Ada beberapa tips untuk berbelanja di tempat ini adalah jangan ragu untuk menawar, bila dirasa harga yang diberikan oleh pedagang terlalu mahal, maka anda dapat menawarnya dalam batas yang wajar. 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan