Mohon tunggu...
Clacendya Fellicya T
Clacendya Fellicya T Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro

Saya adalah Clacendya Fellicya Tatipikalawan, mahasiswa dari Program Studi Sarjana Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro, saya memiliki hobi membaca, traveling, menari dan memasak. Konten favorit saya adalah berita lokal, pengembangan diri, fotografi, resep makanan, public speaking dan traveling. Saya memilliki kepribadian Sanguinis yang optimis, humoris, dan aktif.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Pencegahan dan Peningkatan Kesadaran Stunting bagi Balita

12 Agustus 2022   21:50 Diperbarui: 12 Agustus 2022   22:15 80 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemaparan materi Stunting oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP di kantor Kalurahan Jerakah/dokpri

Jerakah (27/07/2022) - Stunting merupakan kondisi yang menyebabkan perawakan menjadi pendek karena ada gangguan pertumbuhan. Selain itu, anak yang mengalami stunting secara medis memiliki tubuh dan otak yang tidak mengalami perkembangan secara optimal. Ciri-ciri stunting adalah tubuh anak yang lebih pendek serta kemampuan berpikir yang cenderung lebih lemah dari anak lain seusianya.

Namun, hal tersebut bukan berarti stunting tidak dapat dicegah. Bahwa, pencegahan stunting dapat dilakukan sebelum anak memasuki usia 2 (dua) tahun. Stunting acap kali terjadi pada anak, salah satunya di Indonesia, Kelurahan Jerakah tanpa terkecuali.   Melihat dari permasalahan dan fenomena yang terjadi di Kelurahan Jerakah tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP melakukan kolaborasi dengan Kelurahan Jerakah menyelenggarakan program Sosialisasi Pencegahan dan Peningkatan Kesadaran Stunting bagi Balita, khususnya di Kelurahan Jerakah.

Selaras dengan tema KKN Tim II Universitas Diponegoro yaitu program yang mampu mencerdaskan generasi penerus bangsa terkait penggunaan Sosial Media yang bijak dan program yang berhubungan dengan Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang memiliki 17 tujuan salah satunya adalah Kehidupan Sehat dan Sejahtera yang terdapat pada poin 3 yang mana tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ini selaras dengan sosialisasi yang dijalankan oleh mahasiswa KKN " Meningkatkan Kesadaran Bahaya Stunting bagi Balita dan Upaya Pencegahannya"

Isi Booklet Stunting /dokpri
Isi Booklet Stunting /dokpri

Sosialisasi dilakukan kepada Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Jerakah yang mana sosialisasi ini diikuti lebih kurang 15 anggota PPK dan perangkat Kelurahan Jerakah. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan materi PPT mengenai apa itu stunting, penyebab, dampak dan cara pencegahannya yang disampaikan secara menarik dan edukatif, dilanjutkan dengan pemberian booklet stunting kepada PKK yang berisikan tentang "Kenali Stunting dan Cara Pencegahannya" yang di dalamnya dijelaskan apa itu stunting, ciri-ciri stunting pada anak, dampak stunting pada masa depan anak dan cara pencegahan stunting.

Foto bersama Mahasiswa, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Perangkat Kelurahan di kantor Kelurahan Jerakah /dokpri
Foto bersama Mahasiswa, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Perangkat Kelurahan di kantor Kelurahan Jerakah /dokpri

"Terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah memberikan tambahan informasi mengenai stunting yang sangat bermanfaat ini, sehingga saya menjadi lebih tahu terkait stunting ini" ujar Bu Yanti saat mengikuti sosialisasi di kantor Kelurahan Jerakah, Kota Semarang (27/07/2022) pagi.

Melalui kegiatan sosialisasi penyuluhan ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi semua anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Jerakah terutama dalam menangani masalah stunting dan bagi mahasiswa sebagai pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik.

Penulis : 

Clacendya Fellicya Tatipikalawan (Jurusan S. Tr Informasi dan Hubungan Masyarakat, SV)

Andrea P. Caroline (Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan